Jadikan Merauke Pusat Ekonomi Papua, BC Genjot Ekspor Komoditas Unggul

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Oktober 2020, 18:15
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Merauke– Dalam upaya menjadikan Merauke sebagai pusat industri, perdagangan dan perekonomian di wilayah selatan Papua, Bea Cukai kian aktif menggenjot komoditas unggulan ekspor wilayah ini, yaitu produk perikanan dan pertanian.

Salah satu langkah Bea Cukai Merauke ialah menjalin kerja sama dengan Stasiun Karantina Pertanian Merauke dan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke untuk mengadakan Sosialisasi Ekspor The Series. Seri pertama bertema “Potensi Produk Perikanan dan Pertanian Merauke sebagai Komoditi Unggulan Ekspor”, pada 14 Oktober 2020 lalu.

Advertisement

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Nazwar, pada Senin (19/10), sosialisasi tersebut diadakan secara online melalui apilkasi Zoom dengan mengundang Kepala Stasiun Karantina Pertanian Merauke, Sudirman, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Merauke, Nikmatul Rochmah, dan Direktur CV. Bintang Fahri Internasional, Taufik Latarisa. Peserta sosialisasi berasal dari instansi pemerintah vertikal, pemerintah daerah, stakeholder, pelaku usaha, dan mahasiswa.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa Merauke mempunyai potensi yang sangat besar menjadi pusat industri, perdagangan, dan perekonomian di wilayah selatan Papua. Dengan sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah menjadikan Merauke sebagai salah satu destinasi tujuan investasi di wilayah timur Indonesia.

“Ditambah lagi dengan letaknya yang strategis, berbatasan darat dengan negara Papua New Guinea dan laut dengan Australia menjadikan Merauke, menjadi pintu keluar masuk arus barang di wilayah selatan Papua,” kata Nazwar.

Ia menambahkan, untuk menjadikan Merauke menjadi pusat industri, perdagangan, dan perekonomian di wilayah selatan Papua bukanlah pekerjaan ringan, tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

“Tentunya diperlukan sinergi dari semua pemangku kepentingan di Merauke, baik dari unsur instansi vertikal, pemerintah daerah, stakeholder, pelaku usaha, akademisi, maupun masyarakat Merauke,” ujarnya.

Ia pun berharap dengan diadakannya Sosialisasi Ekspor The Series dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai potensi ekspor dan memotivasi masyarakat akan potensi perikanan dan pertanian untuk ekspor.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement