Jaga Kedaulatan Perairan, Bea Cukai dan Polairud Patroli Laut Gabungan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
20 Oktober 2020, 17:50
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Sebagai upaya meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan laut Indonesia, Bea Cukai bersama Baharkam Polri melaksanakan patroli laut. Hal ini juga sebagai tindak lanjut Perjanjian Bea Cukai dengan Baharkam Polri dalam peningkatan sinergi tugas di lapangan.

Bea Cukai Batam, pada Senin (19/10), melaksanakan Apel Pembuka Sinergi Operasi Patroli Laut Bea Cukai bersama Polairud Polda Kepulauan Riau pada di Pelabuhan Sandar Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam. 

Advertisement

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan pengawasan dalam mencegah penyelundupan di Pesisir Timur Sumatera.

Tujuan operasi patroli laut ini untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat umum dan pengusaha jasa pelayaran dan menekan pemasukan barang illegal, “sehingga mampu menciptakan situasi kondusif terhadap industri dalam negeri dan kedaulatan negara,” kata Susila.

Menurut Susila, penyelundupan melalui Pesisir Timur Sumatera saat ini masih menjadi salah satu permasalahan nasional dan merupakan ancaman serius terutama di sektor perekonomian, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangannya harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkesinambungan.

Selain itu, Bea Cukai juga akan melakukan penindakan terhadap kegiatan Ship to Ship yang dilakukan di luar area yang telah ditentukan dan kegiatan pemasukan barang secara ilegal melalui Landing Spot/Entry Point di daerah Pesisir Timur Sumatera.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement