Sinergi BeaCukai dan TNI Tangkap Penyelundup Ganja di Perbatasan Papua

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
22 Oktober 2020, 17:23
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jayapura- Bea Cukai Jayapura bersama dengan Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika jenis ganja, pada Senin (19/10) di kota Jayapura. Operasi gabungan antar kedua instansi ini berhasil mengamankan 14 Kg ganja yang diselundupkan lewat perbatasan Skouw.

Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura, Albert Simorangkir mengungkapkan pada Minggu (18/10), petugas gabungan mendapatkan informasi adanya upaya penyelundupan tersebut.  “Sekitar pukul 22.00 WIT petugas gabungan memeriksa mendalam orang dan kendaraan yang melintasi Pos Kout. KM 31, Distrik Waris, Kabupaten Keerom,” ujar Albert.

Pada Senin (19/10) sekitar pukul 00.45 WIT petugas gabungan melihat sebuah minibus yang mencurigakan yang melintas dari arah Waris menuju Abepura. Petugas kemudian memeriksa setiap sudut kendaraan yang di dalamnya terdapat empat orang warga negara Indonesia (WNI).

Pada saat dilakukan pemeriksaan didapati 14 kemasan plastik yang berisi ganja kering seberat 1 Kg. “Petugas kemudian membawa barang bukti beserta keempat orang WNI tersebut ke kantor Bea Cukai Jayapura untuk diamankan,” kata Albert.

Sinergi tersebut sudah kesekian kalinya dilakukan dalam upaya menjaga keamanan di Jayapura dari penyelundupan narkoba. Hal itu merupakan wujud sinergi yang baik antara Bea Cukai Jayapura dengan Satgas Yonif MR 413/Bremoro.

Diharapkan ke depannya para aparat penegak hukum dan instansi-instansi keamanan di perbatasan Indonesia-PNG akan terus bekerja sama, bersinergi, dan berkomitmen dalam menjaga wilayah perbatasan dari para penyelundup narkotika. “Ini demi menyelamatkan generasi muda Indonesia,” kata Albert.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...