Sinergi Bea Cukai Batam dan Polda Kepri Amankan 2,1 Kg Sabu

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
3 November 2020, 15:56
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Batam, 03-11-2020 – Bea Cukai Batam dan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Ekspos Bersama hasil tangkapan sabu sebanyak 2.115 gram di Kantor Polda Kepri, Senin (2/11/2020).  Tangkapan berasal dari Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Persero Batam, TPS Andalan Express Indonesia dan Pelabuhan Batu Ampar.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Batam, Iwan Kurniawan mengungkapkan untuk tangkapan di TPS PB pada Kamis (22/10), petugas Bea Cukai Batam berhasil mengamankan lima bungkus plastik berisi sabu seberat 526 gram yang dimasukkan ke dalam dinding kardus.

Advertisement

“Tersangka mencoba mengirim sabu melalui perusahaan jasa titipan (PJT) LP. PJT atau Jasa Pengiriman LP ini mengeluarkan barang kiriman melalui TPS PB,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan sekitar pukul 10.00 WIB, melalui pemindai x-ray petugas di TPS PB mencurigai salah satu paket di dalam karung. Terhadap paket yang mencurigakan tersebut, petugas melacak isi paket dengan bantuan unit K-9. Hasilnya anjing pelacak (K-9) merespon paket tersebut. 

“Setelah K-9 merespon paket tersebut, paket dibuka dan diperiksa, di dinding kardus kedapatan kristal bening dengan dugaan mengandung sabu,” kata Iwan.

Pukul 10.30 WIB, paket tersebut kemudian dibawa ke Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam untuk dilakukan narcotest. 

Iwan mengungkapkan, hasil tes menunjukkan isi paket tersebut positif mengandung sabu. Paket dengan pemberitahuan makanan ringan tersebut dikirim oleh pelaku berinisial A yang beralamat di Kecamatan Batu Aji, Batam, dengan tujuan pengiriman ke seseorang inisial NP di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya dilakukan pengembangan dan penyelidikan oleh tim Bea Cukai Batam, Bea Cukai Madiun, Kanwil Bea Cukai Jatim II, Subdit Narkotika Kantor Pusat Bea Cukai dan Polda Kepri. Hasil dari pengembangan kasus di PJT LP, pada Minggu 25 Oktober 2020 sore, petugas berhasil mengamankan sabu seberat 531 gram dengan modus yang sama seperti di TPS PB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement