Mengoptimalkan Sistem Rantai Pasok Agribisnis dari Hulu ke Hilir

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
13 November 2020, 14:41
Petani Indonesia
Katadata

Pengembangan sistem logistik sangat krusial untuk menjamin kelancaran pemasaran serta distribusi pangan lebih terjangkau dan merata. Namun kenyataannya, sektor pertanian kerap menghadapi mismatch antara produksi dengan pemasaran.

Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB Muhammad Firdaus menjelaskan, salah satu penyebabnya jeda waktu yang cukup panjang antara masa tanam dengan saat produk dikonsumsi. Alhasil, tak mudah menemukan petani yang bisa memenuhi persis keinginan pasar, secara kualitas maupun kuantitas.

Advertisement

Menurut akademisi yang juga pembina petani tersebut, kondisi ini menyebabkan petani maupun konsumen sering menghadapi ketidakpastian pasokan dan harga.

Optimalisasi manajemen produksi dan pemasaran hasil pertanian lebih mudah bila petani memiliki contoh nyata yang bisa ditiru. Kehadiran proyek percontohan model inclusive closed-loop (rantai pasok terintegrasi), kata Firdaus, layak menjadi referensi dalam upaya peningkatan produktivitas dan pemasaran produk agribisnis.

Closed-loop merupakan pendekatan yang mengintegrasikan aktivitas hulu hingga hilir agribisnis secara lintas sektor. “Tujuannya, untuk bersama-sama memperbaiki produktivitas dan proses pemasaran pangan secara lebih baik,” ujar Firdaus mengutip dari paparan daringnya terkait closed-loop.

Dalam situasi seperti saat pandemi Covid-19 sekarang, sektor pangan menjadi semakin strategis. Pasalnya, apabila pangan tidak tercukupi maka dikhawatirkan akan memicu krisis pangan yang bisa mengganggu stabilitas sosial maupun perekonomian.

Terlebih, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ketahanan Pangan 2019 disebutkan bahwa pangan dan pertanian merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan di dalam sistem agribisnis, mulai dari hulu sampai ke hilir.

Oleh karena itu, keruwetan persoalan logistik produk pangan yang berlarut-larut dapat menambah rumit persoalan-persoalan di sektor pertanian. Padahal, manajemen logistik yang baik menjadi elemen penting dalam pengelolaan rantai pasok agribisnis secara efisien.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Video Pilihan
Loading...
Advertisement

Artikel Terkait