Sinergi Operasi Patroli Laut Bea Cukai Bersama Polairud di Sumatera

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
17 November 2020, 14:26
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Bea Cukai dan Baharkam Polri menggencarkan operasi patroli laut gabungan yang dilaksanakan oleh beberapa kantor Bea Cukai wilayah Sumatera bersama Dit. Polair Polda beserta Sat Polair Polres setempat mulai dari Aceh hingga Lampung, pada tanggal 19 - 31 Oktober 2020.

Patroli laut gabungan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan penandatangan perjanjian kerja sama Bea Cukai dan Baharkam Polri tentang peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Hal ini juga sebagai komitmen kedua pihak untuk melaksanakan konsep unity of effort dalam rangka penegakan hukum di laut

Advertisement

Direktur Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai, Bahaduri Wijayanta B.M, menjelaskan bahwa pemilihan wilayah Sumatera sebagai sektor operasi dikarenakan daerah tersebut memiliki tingkat kerawanan paling tinggi dibandingkan dengan wilayah lain.

“Pulau Sumatera sangat dekat dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura, ditambah masih banyaknya pelabuhan tidak resmi membuat Pulau ini menjadi wiayah paling rawan penyelundupan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wijayanta mengungkapkan selama periode sinergi operasi laut tersebut telah dilakukan penindakan terhadap total delapan kapal yang diduga melakukan kegiatan penyelundupan dengan komoditi berupa minuman keras, rokok, ballpress, pasir timah dan barang campuran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement