Digitalisasi untuk Praktik Agribisnis Presisi

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
17 November 2020, 16:35
Winarno - Petani
Katadata

Industri agribisnis membutuhkan transformasi digital guna meningkatkan produktivitas serta mewujudkan ketahanan pangan nasional secara jangka panjang. Tak hanya itu, digitalisasi juga dibutuhkan guna mencapai praktik agribisnis yang baik dan presisi.

Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB Muhammad Firdaus mengatakan teknologi digital sangat dibutuhkan untuk mencapai praktik agribisnis yang lebih presisi dari hulu sampai ke hilir. Oleh karena itu, digitalisasi jangan hanya menyangkut marketing atau penjualan.

Advertisement

“Digitalisasi menjangkau pula on farm, yakni, bagaimana petani bisa mendapatkan informasi terkini secara cepat, sehingga bisa mengambil keputusan tepat, misal terkait prakiraan hujan dan informasi harga,” katanya kepada Katadata, Senin (16/11/2020).

Pertanian presisi merupakan konsep pertanian berbasis teknologi yang bertumpu kepada observasi dan pengukuran yang menghasilkan data. Data ini menjadi penentu kegiatan kerja bercocok tanam yang efektif dan efisien.

Ketua Komisi Tetap Kehutanan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arif P. Rachmat mengatakan teknologi digital memiliki manfaat besar terhadap peningkatan kinerja sektor agribisnis. “Hanya saja, pemerataan pemanfaatan teknologi ini masih butuh waktu,” ujar Arif, yang juga Komisaris Utama PT Triputra Agro Persada Group ini.

Direktur Eksekutif PISAgro Zul Martini Indrawati menjelaskan, salah satu manfaat teknologi digital di sektor agribisnis adalah untuk menghimpun data terkait kinerja pertanian dan pangan. Contohnya angka produksi, produktivitas, perkembangan lahan, dan lain-lain.

“Teknologi digital menciptakan informasi real time di bidang pangan untuk menjadi data dasar dalam membuat kebijakan dan strategi tepat bagi semua pihak,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Video Pilihan
Loading...
Advertisement

Artikel Terkait