Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana 1.550Kg Belut dan Pot Sabut Kelapa

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
23 November 2020, 19:14
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Terus berupaya mendorong ekspor dari berbagai komoditi, Bea Cukai Banjarmasin dan Bea Cukai Kediri di masing-masing wilayah kembali melepas ekspor perdana.

Bea Cukai Banjarmasin, Rabu (18/11) melepas ekspor perdana ribuan kilogram belut hidup ke China melalui jalur udara oleh CV Tiga A. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Banjarmasin (BKIPM) di Bandara Syamsudir Noor, Banjarbaru.

Advertisement

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono menyampaikan ekspor komoditas perikanan di Kalimantan Selatan memiliki potensi yang cukup besar. Sampai Oktober 2020 berdasarkan penerbitan sertifikasi kesehatan ikan dan mutu hasil perikanan ekspor dengan lima komoditas dominan, yaitu Frozen Shrimps, Fresh Swimming Crab, Frozen cook Shrimps, White Pomfret Fish dan Arwana Banjar Red dengan negara tujuan dominan Jepang, Malaysia, Singapura, Hong Kong dan Taiwan sebanyak 10.550 ekor Arwana Banjar Red senilai Rp145.414.931,181.

“Diharapkan dengan adanya ekspor 1.550kg belut dan 468kg ikan segar (Fresh King Fish dan Grouper Fish) ini semakin mendorong peningkatan ekspor langsung dari Kalimantan Selatan. Mengingat besarnya potensi komoditas perikanan di Kalimantan Selatan,” ujar Kurnia.

Kemudian, pada Jumat (20/11), Bea Cukai Kediri juga melepas ekspor perdana pot serabut kelapa buatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kabupaten Kediri. Bisnis kerajinan pot tanaman  milik Yuliantoro warga Desa Besuk, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri akan melakukan ekspor perdananya ke Taiwan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement