Menjelang Akhir Tahun, Ekspor Bea Cukai Maluku Semakin Meningkat

Bea Cukai akan terus melayani pengguna jasa
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
23 November 2020, 20:06
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Ambon -  Untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai terus meningkatkan kegiatan ekspor di seluruh Indonesia. Seperti di Ambon, pada Kamis (19/11), Bea Cukai telah melayani ekspor di dua tempat berbeda, yaitu bandara internasional Pattimura untuk PT Peduli Laut Maluku dan melalui pelabuhan untuk perusahaan dari Sawai, Seram Utara yaitu PT Wahana Lestari Investama (WLI).

Meskipun ditengah pandemi Covid-19, eksportir tetap dapat melakukan kegiatan ekspor dan Bea Cukai akan senantiasa memberi pelayanan yang terbaik, dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Untuk menuju ke Kabupaten Sawai, yang jarak tempuhnya sekitar 270 kilometer, petugas Bea Cukai Ambon menempuh jalur laut menyeberang dari Pulau Ambon ke Pulau Seram, kemudian disambung dengan perjalanan darat. Ini dilakukan dalam rangka pengawasan stuffing barang ekspornya, PT WLI karena jarak bukan masalah. “Bea Cukai akan terus melayani pengguna jasa,” ujar Saut Mulia, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon.

Menjelang akhir tahun, fresh tuna whole 46 boks telah diekspor melalui jalur udara dengan negara tujuan Jepang. Serta telah dikirimkan 25 kontainer udang vaname ke negara Cina. Melalui kegiatan ekspor ini, diharapkan dapat meningkatnya kesejahteraan ekonomi di Maluku.

Video Pilihan

Artikel Terkait