Bea Cukai dan Garuda Indonesia Sepakat Dukung Ekspor IKM Yogyakarta

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27 November 2020, 17:30
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Yogyakarta – Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang dan General Manager PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta, Ida Ayu Wayan Sri Gotami bertemu untuk mediskusikan tata laksana ekspor dan dukungan terhadap industri kecil dan menengah (IKM) di Yogyakarta yang berpotensi ekspor. Diskusi tersebut diadakan di Kantor Bea Cukai Yogyakarta, pada Kamis (26/11).

Hengky mengatakan pertemuan kedua pihak ini merupakan sebuah langkah strategis yang ditempuh Bea Cukai guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN). PEN digagas pemerintah di masa pandemi Covid-19 untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dengan tujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Advertisement

Bea Cukai, dalam peranannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, telah menyiapkan berbagai program relaksasi dan kemudahan, baik dalam hal prosedural maupun fiskal. Salah satu tujuannya ialah untuk mendorong kinerja ekspor nasional sebagai cara Bea Cukai dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Tentunya hal ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta,” ujar Hengky.

Masih menurut Hengky, kedua pihak membahas kelangsungan ekspor IKM Yogyakarta. Bea Cukai Yogyakarta berharap, PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta dapat bersama Bea Cukai mendukung IKM agar dapat melakukan ekspor. Dari hasil diskusi, kedua pihak sepakat akan menindaklanjuti dukungan terhadap program ekspor IKM Yogyakarta dengan menggandeng pihak terkait lainnya, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Yogyakarta.

Selain menyatakan dukungan terhadap IKM, menurut Hengky PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta juga mendatangi kantor Bea Cukai Yogyakarta untuk mendapatkan informasi terkait ketentuan ekspor-impor terbaru. Keduanya pun membahas rencana pelaksanaan webinar dengan materi tata laksana impor dan ekspor untuk para pegawai PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta.

Reporter: Tim Publikasi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement