BC Jambi Distribusikan Hibah Alat Kesehatan dari Temasek Singapura

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27 November 2020, 18:30
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jambi – Bea Cukai Jambi terus memberi fasilitas kemudahan untuk mendukung kebijakan nasional terkait penanganan COVID-19 di Indonesia. Salah satunya memfasilitasi distribusi hibah alat kesehatan dari Temasek Foundation Singapura kepada Pemerintah Provinsi Jambi.

Jika pada umumnya barang-barang yang masuk dari luar negeri harus dikenakan bea masuk maupun pajak dalam rangka impor (PDRI), tetapi dengan fasilitas kemudahan dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini, pemerintah menetapkan kebijakan nasional bahwa bea masuk dan PDRI untuk barang-barang dalam rangka penanganan COVID-19 dapat dibebaskan.

Advertisement

Bea Cukai Jambi mencatat hingga saat ini, Temasek Singapura telah lima kali mengirimkan bantuan hibah. Bantuan hibah terakhir pada 21 November 2020 terdiri atas alat-alat kesehatan berupa mirxces fortitude kit, 25 kits ruo, 100 buah resolute PCR test for SARS CoV2 detection, 3 kits virus DNA/RNA extraction kit, dan 20 buah yuwell 9F-SAW oxygen consentrators. Bantuan tersebut telah disalurkan ke dua rumah sakit dan beberapa puskesmas di Kota Jambi.

Situasi pandemi COVID-19 tidak menyurutkan Bea Cukai dalam memberikan pelayanan dan pengawasan kepada masyarakat dalam menjaga keluar-masuknya barang dari luar daerah pabean. Sebelum pendistribusian lebih lanjut, petugas Bea Cukai tetap melakukan pemeriksaan terhadap barang dan dokumen pelengkap yang bertujuan untuk memastikan barang yang dimuat sesuai dengan dokumen yang dibawa oleh pihak pengangkut.

“Terus kami fasilitasi hingga bantuan tersebut disalurkan kepada beberapa rumah sakit dan puskesmas yang terdapat di wilayah Jambi,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Ardiyatno, pada Jumat (27/11).

Atas kinerja tersebut, Ardiyatno mengatakan bahwa pada 23 November 2020 lalu Bea Cukai mendapat undangan khusus dari Walikota Jambi, Syarif Fasha untuk menerima piagam penghargaan dan ucapan terima kasih atas bantuan pendistribusian hibah COVID-19 dari Temasek Singapura.

“Kami diundang ke Ruang Pola Kantor Walikota Jambi. Walikota Jambi, Syarif Fasha mengatakan bahwa kami mendapat pengharaan atas respon dan bantuan kami dalam mendukung upaya daerah menangani COVID-19,” ujarnya.

"Penghargaan ini akan menjadi motivasi kami semua untuk terus meningkatkan sinergi, dan terus berkolaborasi, khususnya dengan pemerintah Kota Jambi dalam rangka penanganan COVID-19 maupun kegiatan lainnya yang dapat mendukung roda perekonomian di Kota Jambi," ujar Ardiyatno.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement