Taiwan Laporkan 14 Infeksi Baru Covid1-9 Pasca 200 Hari Nol Kasus

Arie Mega Prastiwi
Oleh Arie Mega Prastiwi - Tim Riset dan Publikasi
28 November 2020, 10:09
Ann Wang ARSIP FOTO : Seorang wanita, menggunakan masker pelindung, berjalan melewatai poster lowongan pekerjaan Kementerian Pertahanan Nasional, ditengah mewabahnya virus corona (COVID-19), di Taipei, Taiwan, Senin (20/4/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Ann Wang/nz/dj

Central Epidemic Command Centre (CECC) atau Pusat Pengendalian Epidemi Taiwan  mengumumkan ada 14 kasus baru Covid-19. Kasus tersebut bukanlah transmisi lokal, melainkan kasus impor. Dari 14 kasus tersebut, 13 dari Indonesia dan satu dari Amerika serikat.

Ke-13 kasus dari Indonesia tersebut semuanya merupakan pekerja migran perempuan, dengan rentang usia antara 20-50 tahun. Di antara 13 pekerja migran, satu (kasus nomor 627) tiba di Taiwan pada 11 November, dan 12 lainnya memasuki Taiwan pada 12 November. Mereka melakukan perjalanan dengan penerbangan yang sama dengan kasus nomor 627.

Advertisement

Mengutip cdc.gov.tw pada Sabtu (28/11), salah satu dari kasus baru itu memberi tahu otoritas kesehatan  pada 19 November, bahwa  tenggorokannya tidak nyaman. “Dia tidak mencari pertolongan medis karena dia pikir hanya mengalami gejala ringan,”tulis laporan CDC.

“Dia juga mengalami pilek dan hidung tersumbat pada 23 November, tetapi dia tidak melaporkan gejalanya.”

Sementara itu, 12 perempuan Indonesia lainnya belum mengalami gejala apapun sejak kedatangannya. Ke-13 pekerja migran Indonesia tersebut dites COVID-19 sebelum menyelesaikan masa karantina, dan infeksi COVID-19 telah dikonfirmasi di laboratorium  pada 27 November.

Padahal pada 30 Oktober, CDC melaporkan Taiwan telah melewati 200 hari kasus Covid-19. Badan kesehatan pemerintah itu terakhir kali melaporkan kasus domestik pada 12 April 2020.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement