Bea Cukai Galakkan Asistensi Ekspor ke Pelaku Usaha di Dua Daerah Ini

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
30 November 2020, 19:45
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Dalam mendorong kinerja ekspor nasional Bea Cukai telah menetapkan langkah-langkah strategis, seperti giat ekspor perdana di berbagai daerah, menjalin koordinasi dengan pelaku usaha dan instansi pemerintah lainnya.

Bea Cukai juga menggali potensi industri berorientasi ekspor, yaitu melalui sosialisasi, pembinaan, dan asistensi kepada para pelaku usaha dalam negeri, dan menjadi mediator pelaku usaha dengan kementerian/lembaga terkait untuk permasalahan ekspor.

Advertisement

Pada 25 November 2020, asistensi ekspor telah dilakukan oleh kantor pelayanan Bea Cukai di dua daerah yang berbeda, yaitu Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Bandar Lampung. Di Desa Buntoi Kahayan Hilir Pulang Pisau, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) mengunjungi PT Nagabhuana Aneka Puranti Unit 06 Pulang Pisau, yang memproduksi plywood, papan material yang tersusun dari beberapa lapis kayu melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi.

Kepala Kanwil Bea Cukai Kalbagsel, HB. Wicaksono, pada Senin (30/11) mengatakan kunjungannya tersebut untuk mendorong industri di Kalimantan agar mampu meningkatkan ekspornya, sekaligus berkontribusi untuk menyelesaikan hambatan dan kendala yang ada dalam proses ekspor.

Kalimantan berlimpah sumber daya alam antara lain batu bara, minyak kelapa sawit, rotan dan kayu, yang sangat diminati dalam perdagangan global, salah satunya komoditas plywood. “Melalui kunjungan tersebut kami yakinkan PT Nagabhuana Aneka Puranti Unit 06 untuk dapat mengembangkan bisnisnya agar mampu bersaing di pasar global,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement