BC Kembangkan Potensi dan Peningkatan Kepatuhan di Berbagai Daerah

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 Desember 2020, 20:00
Bea Cukai
dok. Bea Cukai

Jakarta – Bea Cukai secara kontinyu berupaya meningkatkan kepatuhan para pelaku usaha dan konsumen barang kena cukai, khususnya rokok. Berbagai upaya melalui pengawasan, edukasi, koordinasi, dan perumusan kebijakan terus dilakukan guna meningkatkan kepatuhan dari sisi pengguna jasa serta meningkatkan daya guna cukai.

Pada Selasa (24/11), Bea Cukai bandar Lampung mengadakan sosialisasi pengembangan potensi tembakau di Lampung melalui pemberdayaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang optimal.

Advertisement

Kabupaten Lampung Barat dipilih sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi karena pengembangan industri tembakau di wilayah ini dipandang potensial. “Ini didukung dengan fakta bahwa porsi DBHCHT di Kabupaten Lampung Barat merupakan yang terbesar di tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung,” ungkap Esti Wiyandari Kepala Kantor Bea Cukai Lampung.

Pemahaman pemerintah daerah terhadap cukai hasil tembakau sangat penting, mengingat mereka merupakan garda terdepan dalam rangka mengelola pemanfaatan dana bagi hasil cukai tembakau. Perlu juga peran aktif pemerintah daerah khususnya Pemda Lampung Barat mengampanyekan pemberantasan rokok ilegal. “Rokok ilegal dapat merusak roda perekonomian akibat timpangnya pendapatan serta timbulnya risiko terhambatnya distribusi pemanfaatan cukai yang berkelanjutan,” kata Esti.

Bentuk sinergi dengan aparat pemerintah daerah lainnya juga ditunjukkan Bea CukaI Meulaboh yang mengadakan kunjungan ke Satpol PP Kabupaten Aceh Barat pada Kamis (25/11). Bea Cukai membahas upaya rencana operasi gabungan berantas rokok ilegal di wilayah Kabupaten Aceh Barat yang terdiri dari 12 kecamatan. “Kami juga membahas terkait pemanfaatan DBHCHT ke depannya,” ungkap Ade Novan Sagita, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Meulaboh.

Sebelumnya pada Senin (23/11), Bea Cukai Sumbawa juga mengadakan memberikan edukasi dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai yang dilaksanakan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dan pelaku usaha hasil tembakau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement