Sinergi Bea Cukai dan Instansi Pemerintah untuk Tingkatkan Ekspor

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 Desember 2020, 21:00
Bea Cukai
dok. Bea Cukai

Jakarta - Untuk mendorong program pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai terus berusaha meningkatkan ekspor dari berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, dengan menggandeng instansi pemerintah lainnya di berbagai provinsi, antara lain Aceh, Bengkulu, Makassar, dan Manokwari.

Bea Cukai Kuala Langsa terus membimbing para pengusaha yang ada di Kota Langsa dan sekitarnya, guna meningkatkan kegiatan ekspor maupun impor. Pada kesempatan ini diadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan materi terkait fasilitas kepabeanan terhadap beberapa komoditi yang berorientasi untuk di ekspor.

FGD ini berlangsung di ruang Media Center Kantor Bea Cukai Kuala Langsa dengan dihadiri oleh perwakilan dari instansi pemerintah lainnya. Mengawali diskusi, Safuadi, Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh  mengatakan, pemberian fasilitas kepabeanan kepada industri di Provinsi Aceh diproyeksikan untuk mendorong ekspor dan juga impor produktif. Impor produktif yang dimaksud terdiri dari impor bahan modal dan bahan baku yang dapat digunakan mendorong berdirinya industri untuk penyerapan tenaga kerja.

“Selain itu, diharapkan ke depannya Kota Langsa dapat menjadi daerah yang mandiri secara ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu Kanwil Bea Cukai Sumbagbar bersama Bea Cukai Bengkulu mengadakan FGD yang dihadiri oleh berbagai instansi pemerintah lainnya, seperti Badan Karantina Pertanian, Badan Karantina Ikan, Badan Pusat Statistik, Kamar Dagang dan Industri, serta Pemda Bengkulu. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Meidy Kassim, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Topik yang diangkat dalam FGD kali ini peningkatan potensi ekspor daerah. Dalam paparannya, Meidy mengajak berdiskusi mengenai kondisi ekonomi dunia dan Indonesia, serta potensi ekspor yang ada di Bengkulu.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan menjadi awal yang baik untuk menjadi sinergitas bersama memajukan Provinsi Bengkulu dan hal ini akan berkelanjutan terus menerus, dan dapat mengatasi setiap kendala ekspor ke depannya,” ujar Meidy.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...