Bea Cukai Soekarno-Hatta Pantau Perkembangan Program Ekspor UMKM

Kolaborasi Bea Cukai Soekarno-Hatta dan PT Andalan Ekspor Indonesia (AeXI), dalam menggalakkan ekspor produk UMKM sudah memasuki tahapan eksekusi sejak digagas pada awal 2020.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
2 Desember 2020, 16:53
Bea Cukai Soekarno-Hatta
Katadata

Tangerang- Kolaborasi Bea Cukai Soekarno-Hatta dan PT Andalan Ekspor Indonesia (AeXI), dalam menggalakkan ekspor produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah memasuki tahapan eksekusi sejak digagas pada awal 2020.

Berbagai agenda pertemuan yang membahas rencana untuk memaksimalkan daya saing produk lokal, telah dilaksanakan. Salah satu rangkaian program percepatan ekspor ini adalah pelatihan dan asistensi terhadap pelaku UMKM.

Pelatihan dan asistensi calon eksportir UMKM tersebut digelar pada November lalu, di Export Hub Kantor PT AeXI, Tangerang. Pada kunjungan kali ini Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan didampingi Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai (PFPC) II Purnomo selaku Ketua Tim Percepatan Ekspor, dan Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Layanan Informasi Irwan Djuhais.

Sebanyak 20 peserta pelatihan yang terdiri dari pelaku UMKM, petani, dan nelayan di Provinsi Banten, mendapatkan materi dan edukasi mengenai strategi pemasaran global, peningkatan sumber daya manusia, peran perbankan dan perjanjian penanaman modal, regulasi dan aturan terkait ekspor, serta pemilihan logistic dan pendistribusian yang efektif.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan asistensi untuk tiap produk yang diunggulkan masing-masing pelaku UMKM. Asistensi yang diberikan dalam bentuk pengambilan gambar produk dan penyusunan narasi dan deskripsi produk. Nantinya hasil foto beserta narasi tersebut, akan diunggah pada platform penjualan daring internasional.

Lutpi Ginanjar selaku Direktur PT AeXI, mengajak Finari Manan beserta tim untuk berkeliling melihat proses pelatihan yang sedang berlangsung. Selain itu, tim juga diajak untuk meninjau proses pengambilan gambar produk dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi, dan galeri produk UMKM yang beberapa di antaranya sudah berhasil menciptakan pasar nasional dan menembus ranah ekspor.

Kualitas produk Indonesia, baik hasil olahan makanan maupun pakaian hasil keterampilan tangan, tidak kalah dengan kualitas dari luar negeri”. Dengan adanya pelatihan dan asistensi seperti ini, dan tentunya ada layanan fasilitas dari Bea Cukai, maka ekspor produk UMKM dalam jangka panjang sangat bisa diwujudkan,” ujar Finari Manan sembari menilai kualitas salah satu produk.

Adanya peran aktif pemerintah dalam hal ini Bea Cukai Soekarno-Hatta yang bekerja sama dengan PT AeXI dan para pelaku UMKM, adalah bentuk nyata dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Video Pilihan

Artikel Terkait