Bea Cukai Dukung UMKM Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi Nasional

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
2 Desember 2020, 18:00
Bea Cukai
dok. Bea Cukai

Jakarta – Menanggulangi turbulensi ekonomi dalam negeri yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, pemerintah pada 11 Mei 2020 meluncurkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020.

Program ini berfungsi untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dengan tujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Advertisement

Bea Cukai, dalam perannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance meyakini bahwa pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran besar dalam keberlangsungan program PEN. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Bea Cukai Pasar Baru, Kunawi, pada Rabu (02/12). Ia pun menyatakan bahwa pihaknya mendukung para pelaku UMKM untuk menjadi pahlawan program PEN.

Menurut Kunawi, dukungan tersebut diberikan Bea Cukai Pasar Baru salah satunya dengan melaksanakan webinar sosialisasi bertajuk “Menjadi Pahlawan PEN dengan Mendukung UMKM” yang telah terselenggara pada 26 Oktober 2020 lalu.

Melalui acara tersebut, Bea Cukai Pasar Baru berupaya mendukung UMKM dengan membangun kesadaran masyarakat bahwa UMKM memiliki peran besar dalam PEN, “sehingga sangat diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain sosialisasi, Bea Cukai juga tengah menggalakkan langkah-langkah strategis lainnya dalam menggali potensi industri berorientasi ekspor, yaitu pembinaan, asistensi kepada para pelaku usaha dalam negeri, dan menjadi mediator pelaku usaha dengan kementerian/lembaga terkait untuk permasalahan ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement