Bea Cukai Gelar Sosialisasi Perjanjian Indonesia-EFTA

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
3 Desember 2020, 16:58
Bea Cukai
dok. Bea Cukai

Jakarta – Kantor Pusat Bea Cukai menyelenggarakan sosialisasi via daring bertajuk Indonesia-EFTA Comprehensive Partnership Agreement (IE-CEPA) pada Kamis (26/11) lalu.

European Free Trade Association (EFTA) adalah organisasi antar-pemerintahan yang didirikan untuk mendorong perdagangan bebas dan integrasi ekonomi untuk kepentingan negara-negara anggota dan negara mitranya.

Advertisement

Kegiatan ini diikuti oleh eksportir, importir, asosiasi, dan perusahaan pengurusan jasa kepabeanan (PPJK) dari seluruh wilayah Indonesia yang menjadi stakeholder Kantor Bea Cukai dalam rangka penyampaian informasi dan media komunikasi khususnya terkait persetujuan IE-CEPA yang telah ditandatangani pada 2018.

Kepala Subdirektorat Multilateral Bea Cukai, Fitra Krisdianto, menyatakan melalui sosialisasi ini, Bea Cukai berharap agar para perwakilan stakeholder yang hadir dapat mempersiapkan diri untuk memanfaatkan persetujuan IE-CEPA, sehingga nantinya dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

“Persetujuan antara Indonesia dengan EFTA diharapkan dapat memberikan manfaat serta dapat meningkatkan jumlah perdagangan antara Indonesia dan EFTA, serta meningkatkan volume ekspor Indonesia ke negara yang tergabung dalam EFTA,” ungkap Fitra.

Dalam sosialisasi ini, kata Fitra, Bea Cukai juga menjelaskan ketentuan, mekanisme, dan potensi manfaat dari kerja sama antara Indonesia dengan EFTA dalam skema CEPA.    

“Kemudahan fasilitasi ekspor akan senantiasa dikembangkan, dan kami terus membutuhkan feedback dari para stakeholder sehingga Bea Cukai dapat memberikan yang terbaik untuk memudahkan proses perdagangan cross-border sebagai fungsi industrial assistance maupun trade facilitation,” ujar Fitra.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement