Di Jawa Timur, BC Bantu Dua Perusahaan Laksanakan Ekspor Perdana

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
8 Desember 2020, 18:20
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi di kuartal tiga, Bea Cukai kian gencar mendorong potensi ekspor daerah bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sinergi tersebut menyebabkan Bea Cukai dapat membuka rute ekspor langsung atau direct call export di beberapa daerah, sosialisasi dan asistensi tata laksana ekspor, serta kegiatan ekspor perdana. Atas asistensi dan fasilitas yang diberikan Bea Cukai, terealisasi ekspor perdana komoditas asli daerah di dua kota di Jawa Timur, Banyuwangi dan Sidoarjo.

Advertisement

Bea Cukai Banyuwangi memfasilitasi CV. Baruna Jaya hingga menjadi perusahaan pertama yang melakukan ekspor melalui Bandara Internasional Banyuwangi. Komoditi yang diekspor berupa Soft Coral sejumlah delapan koli atau 311 Kg dengan tujuan China.

Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi, R. Evy Suhartantyo, pada Selasa (08/12) mengatakan bahwa pelaksanaan ekspor perdana tersebut penting karena dapat meningkatkan pendapatan daerah sehingga Banyuwangi dapat mendanai pelaksanaan otonomi daerah. Selain itu, Banyuwangi akan diakui oleh dunia sebagai kota penghasil komoditas ekspor.

Pengakuan tersebut penting agar Banyuwangi dicari oleh pelaku industri internasional saat membutuhkan komoditi ekspor-impor tertentu. “Kami berharap pelaku usaha yang mengekspor melalui Banyuwangi akan terus bertambah,” kata dia, Hal itu sejalan dengan usaha-usaha yang dilakukan, seperti sosialisasi fasilitas ekspor, KLINIK Ekspor, serta monitoring dan asistensi, katanya.

Pemberian fasilitas ekspor juga diberikan oleh Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I kepada PT Prima Dinamika Sentosa berupa kemudahan impor tujuan ekspor (KITE), hingga akhirnya pada tanggal 1 Desember 2020 perusahaan tersebut dapat melakukan ekspor perdana fasilitas KITE ke Amerika Serikat.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim I, Muhamad Purwantoro menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan tersebut. Bea Cukai jatim memberi apresiasi dan ucapan selamat atas terlaksananya ekspor perdana PT Prima Dinamika Sentosa. “Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas KITE perusahaan bisa mengembangkan potensinya.”

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement