Pegawai BC Kembali Memenangkan Anugerah Aparatur Sipil Negara 2020

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
14 Desember 2020, 16:52
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Bea Cukai kembali mendapatkan penghargaan dalam ajang Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2020 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Muhammad Rifki Al Habib, pegawai Bea Cukai yang bertugas pada Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, yang mulai mengabdi di Bea Cukai dari 2014 tersebut meraih gelar The Future Leader bersama dua orang ASN lainnya.

Anugerah Aparatur Sipil Negara tahun 2020 yang bertema “ASN Berkinerja dan Berdampak Nyata” merupakan bentuk apresiasi kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya dan sudah dirasakan langsung, baik oleh organisasi maupun masyarakat. Pada tahun ini, penilaian akan dikhususkan bagi nomine yang mempunyai inovasi dan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

Advertisement

Muhammad Rifki Al Habib berhasil memenangkan kategori The Future Leader setelah lolos dalam tiga tahap seleksi. Kategori tersebut diberikan kepada pegawai negeri sipil (PNS) insipratif muda dan potensial terbaik yang patut diteladani, mampu menginspirasi dan memotivasi ASN dan atau masyarakat yang inovasi, prestasi, atau karyanya tersebut mendukung tugas pokok dan fungsi jabatannya.

Berdasarkan data dari Kemenpan RB total ASN yang mendaftar Anugerah ASN 2020 dibuka selama 45 hari sejak 27 Juli 2020 hingga hari terakhir penutupan pada 9 September 2020, terdapat 945 usulan untuk tiga kategori. Rinciannya, kategori PNS Inspiratif sebanyak 732 usulan, kategori The Future Leader sebanyak 142 usulan, dan 71 usulan pada kategori Pimpinan Pejabat Tinggi (PPT) Teladan.

Habib memiliki berbagai inovasi di bidang sosial, pengetahuan, minat dan bakat, sebagai bentuk respon terhadap kondisi pandemi yang tengah terjadi. Habib menginisiasi Bea Cukai Peduli bersama seluruh pegawai Bea Cukai milenial dengan membagikan paket sembako untuk meringankan beban orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19 secara langsung.

Selain itu Habib juga menginisiasi berbagai program yang berhasil memberikan ruang dan kesempatan kepada ratusan pegawai Bea Cukai muda di seluruh Indonesia untuk bersama-sama berkarya dan berkontribusi demi kemajuan organisasi. Hal ini juga dimaksudkan sebagai kaderisasi kepada pegawai Bea Cukai untuk dapat menjadi pemimpin di masa depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement