Dua Pabrik Pelumas PT Pertamina Lubricants Pertahankan PROPER Hijau

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
15 Desember 2020, 15:00
PT Pertamina Lubricant Production Unit Gresik
Katadata

Jakarta – Dua pabrik pelumas  milik PT Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang pelumas, meraih penghargaan Predikat Hijau dalam program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (14/12).

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal menyatakan pabrik PUC dan PUG memiliki komitmen tinggi terhadap pengelolaan lingkungan dan sosial. Hal itu terbukti dengan pencapaian PROPER Hijau yang diraih secara konsisten sembilan tahun berturut-turut untuk PUC dan empat  tahun berturut-turut untuk PUG.

Advertisement

PUC dan PUG melakukan inovasi-inovasi baru dalam penerapan sistem manajemen lingkungan yang terintegrasi dalam proses produksi, meliputi efisiensi energi, program 3R (Reduce, Reuse, & Recycle) limbah B3 dan limbah padat non B3, penurunan emisi, konservasi air dan penurunan beban pencemaran serta keanekaragaman hayati.

PUC dan PUG juga terus tumbuh bersama masyarakat melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). “Tujuannya melestarikan lingkungan, memajukan dunia pendidikan, membangun kemandirian ekonomi masyarakat dan menekan penyebaran Covid-19,” kata Iwan.

PT Pertamina Lubricant Production Unit Gresik
PT Pertamina Lubricant Production Unit Gresik (Katadata)

Pada 2020, PUC melahirkan program Pertamina Sahabat Nelayan dengan meluncurkan bengkel mesin kapal dan juga melakukan pelatihan, pendampingan organisasi, edukasi literasi, dan edukasi mekanik bagi nelayan Tambakreja.

Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan para nelayan setempat, tetapi juga turut membangun kemandirian para nelayan dalam pengelolaan bengkel dan sebagai mekanik mesin yang handal. Dengan demikian tercipta nilai ekonomi yang lebih baik dan menjadi benefit bagi masyarakat.

Selain itu, PUC juga meluncurkan aplikasi digital ‘Enduro Home Service’ yang merupakan sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terlibat dalam program CSR Enduro Home Service. Aplikasi ini merupakan jawaban akan tantangan belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19. Pembelajaran kewirausahaan perbengkelan yang biasanya dilakukan di ruang kelas kini dapat dilakukan secara online.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement