Bea Cukai Kediri Dukung Produk IKM Jombang Tembus Pasar Global

Bea Cukai Kediri menggelar export sharing session sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
15 Desember 2020, 18:21
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Kediri  – Bea Cukai Kediri menggelar export sharing session sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bertema “BC Kediri Dukung Produk IKM Jombang Tembus Pasar Global” acara tersebut menghimpun perwakilan dari para pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari beberapa asosiasi yang berlokasi di wilayah Jombang dan sekitarnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana, menegaskan perlu sinergi antar beberapa instansi untuk ikut mendukung produk IKM supaya bisa menembus pasar global. Selain itu juga harus ada penelusuran faktor-faktor yang selama ini menjadi kendala, dan membuatkan skema kebijakan yang mampu mengurai kendala tersebut menjadi suatu solusi.

“Jangan ada lagi persaingan antar IKM. Tetapi harus ada satu kesatuan tekad agar langkah ekspor tidak hanya menjadi angan-angan saja,” katanya.

Export sharing session yang digelar Bea Cukai Kediri merupakan wadah untuk menampung aspirasi para pengusaha IKM dan sarana untuk mencari solusi terkait kendala yang dihadapi. Humas Bea Cukai Kediri, Hendratno Argosasmito, menyatakan para IKM membutuh wadah yang bisa menyalurkan produknya ke luar negeri.

“Mereka juga membutuhkan pengetahuan tentang perijinan, standarisasi produk serta regulasi impor di negara tujuan,” katanya.

CEO dari Asosiasi Warung Kelontong Nusantara 54 Didi Suryadi dan Ketua Asosiasi dari Mitra Mandiri IKM Kreatif Abdul Rasyid yang hadir dalam acara tersebut ikut menyatakan bahwa saat ini telah ada beberapa produk IKM yang memenuhi kualitas ekspor dan layak untuk dikirimkan ke warehouse di Amerika Serikat.

“Mungkin ada beberapa kemasan produk yang perlu dilakukan sedikit koreksi supaya kualitas produknya tetap aman dan terjamin sampai di negara tujuan ekspor,” ujar Didi.

Untuk wadah, kata Abdul Rasyid, sudah dibuatkan melalui Asosiasi Mitra Mandiri IKM Kreatif. “Jadi Para Pengusaha IKM tidak perlu bingung lagi mau kemana harus bernaung.”

Kegiatan ini sangat menggugah semangat para pelaku IKM untuk maju terus menembus pasar global. Mereka sangat termotivasi untuk bisa melakukan ekspor. Para pengusaha ini akan sangat bangga bila produknya bisa dinikmati pasar luar negeri. Mereka sangat berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga merupakan proses dan progres dari para pengusaha IKM agar produknya bisa diekspor.

Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai yang turut hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa sosialisasi dan sharing session akan terus diselenggarakan guna mendorong potensi IKM. Bidang Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pusat Bea Cukai sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

 

“Kami berharap kegiatan ini bisa menggeliatkan hasrat para pengusaha IKM untuk bisa menstadarisasi produknya untuk bersaing di pasar Global.”

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait