Bea Cukai Kediri Dukung Produk IKM Jombang Tembus Pasar Global

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
15 Desember 2020, 18:21
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Kediri  – Bea Cukai Kediri menggelar export sharing session sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bertema “BC Kediri Dukung Produk IKM Jombang Tembus Pasar Global” acara tersebut menghimpun perwakilan dari para pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari beberapa asosiasi yang berlokasi di wilayah Jombang dan sekitarnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana, menegaskan perlu sinergi antar beberapa instansi untuk ikut mendukung produk IKM supaya bisa menembus pasar global. Selain itu juga harus ada penelusuran faktor-faktor yang selama ini menjadi kendala, dan membuatkan skema kebijakan yang mampu mengurai kendala tersebut menjadi suatu solusi.

“Jangan ada lagi persaingan antar IKM. Tetapi harus ada satu kesatuan tekad agar langkah ekspor tidak hanya menjadi angan-angan saja,” katanya.

Export sharing session yang digelar Bea Cukai Kediri merupakan wadah untuk menampung aspirasi para pengusaha IKM dan sarana untuk mencari solusi terkait kendala yang dihadapi. Humas Bea Cukai Kediri, Hendratno Argosasmito, menyatakan para IKM membutuh wadah yang bisa menyalurkan produknya ke luar negeri.

“Mereka juga membutuhkan pengetahuan tentang perijinan, standarisasi produk serta regulasi impor di negara tujuan,” katanya.

CEO dari Asosiasi Warung Kelontong Nusantara 54 Didi Suryadi dan Ketua Asosiasi dari Mitra Mandiri IKM Kreatif Abdul Rasyid yang hadir dalam acara tersebut ikut menyatakan bahwa saat ini telah ada beberapa produk IKM yang memenuhi kualitas ekspor dan layak untuk dikirimkan ke warehouse di Amerika Serikat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...