Antisipasi Libur Nataru, Pertamina Tambah Stok di Pulau Enggano

Pertamina berkomitmen menjaga ketahanan Energi Nasional untuk selalu mengamankan pasokan dan distribusi energi di Pulau 3T
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
22 Desember 2020, 08:09
Pertamina
Katadata

Bengkulu - Dalam mengantisipasi libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melakukan pengiriman BBM/ BBK dan LPG ke Pulau Enggano, pulau terluar Indonesia di pesisir Bengkulu. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan KMP Pulo Tello, Minggu (20/12).

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, BBM yang dikirim antara lain Premium sebanyak 30 Kiloliter dan Biosolar 5 Kiloliter. Adapun produk Non BBM Kerosene sebanyak 15 Kiloliter, Solar untuk PLN 30 Kiloliter, LPG 12 Kg sebanyak 70 Tabung dan LPG 5,5 Kg sebanyak 10 Tabung.

Kebijakan BBM satu Harga
Kebijakan BBM satu harga (Katadata)

 

"Setelah dilakukan pengiriman, stok saat ini bertahan hingga 3 bulan (87 - 100) hari, dengan kebutuhan per bulan sekitar 27 Kiloliter atau 900 liter per hari,” kata Umar.

Hal ini merupakan komitmen Pertamina dalam menjaga ketahanan Energi Nasional untuk selalu mengamankan pasokan dan distribusi energi di Pulau 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Hal itu juga sebagai wujud komitmen Pertamina dalam membantu memajukan perekonomian masyarakat melalui peran strategis Pertamina dalam menyediakan energi yang sesuai dengan prinsip ketersediaan, kemudahan akses, keterjangkauan, penerimaan serta berkelanjutan.

Banyak tantangan yang dihadapi oleh Pertamina, khususnya saat mendistribusikan pasokan energi ke wilayah-wilayah ekstrem. Untuk mencapainya, beragam moda tansportasi digunakan, antara lain darat, laut, hingga udara, agar pasokan energi bisa mencapai lokasi tujuan.

Ketersediaan BBM dan LPG
Ketersediaan BBM dan LPG (Katadata)

 

Program BBM satu harga di Pulau Enggano merupakan salah satu program Pemerintah untuk mewujudkan rasa keadilan energi bagi seluruh masyarakat di seluruh Tanah Air.

"Dengan kebijakan BBM satu harga ini, diharapkan seluruh daerah terpencil bisa menikmati harga yang sama dengan harga yang selama ini diterapkan di SPBU di perkotaan,” kata Umar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait