Persiapan Alih Kelola Blok Rokan, PDC Pastikan Keselamatan Kerja

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
22 Desember 2020, 16:35
Pertamina
Katadata

Bengkalis- Keselamatan dan kesehatan kerja harus diprioritaskan. Target pekerjaan yang tercapai akan menjadi sia-sia jika terdapat kecelakaan kerja. Hal tersebut disampaikan Direktur Operasi PT PDC Jusup Budiarto dalam kunjungan Management Walk Through (MWT) di beberapa titik kegiatan operasi proyek Rokan pada Rabu (16/12).

Menurut Jusup Budiarto, memastikan keselamatan kerja sudah menjadi komitmen manajemen agar dalam setiap proyek yang dilaksanakan dapat meminimalisir insiden. “Semua personel jangan lengah sedikit pun terhadap aspek keselamatan kerja,” kata dia.

Advertisement

Patuh terhadap aturan yang ada, SOP dan ketentuan lainnya yang berlaku. “Juga aktif melakukan intervensi jika ditemukan adanya unsafe condition ataupun unsafe action, serta peduli terhadap sesama rekan kerja, terlebih jika ada potensi bahaya yang mengancam,” ujar Jusup melanjutkan..

Ketiga prinsip yang diminta untuk diimplementasikan tersebut dikenal sebagai HSE Golden Rules yang wajib melekat pada segenap perwira PDC dalam melaksanakan pekerjaan di mana pun berada sehingga menjadi budaya kerja sehari-hari.

Kegiatan MWT ini rutin dilakukan sebagai salah satu upaya monitoring progress proyek dan memberi dorongan semangat bagi para pekerja (frontliner) dalam menyelesaikan tugasnya. MWT Direktur Operasi PDC Jusup Budiarto ini sekaligus mewakili Manajemen Konsorsium PDC – PGASOL. Dia didampingi Corporate Secretary PDC Budhi Kristianto, perwakilan Manajemen PT Pertagas, team PGASOL, Proyek Manager, dan para Deputi guna mengupayakan dan memastikan tahapan proyek berjalan dengan baik.

Meskipun proyek berjalan di tengah merebaknya pandemi Covid-19 ini, PDC dituntut untuk tetap profesional dalam menangani proyek strategis nasional ini. Di sisi lain, pekerjaan penggantian pipa minyak yang cukup panjang ini memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang tinggi, sehingga aspek keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama. 

Karena itu, sinergi dua kekuatan PDC bersama anak perusahaan PGN, PGSOL (PGN Solution) diyakini akan dapat mengerjakan dan menyelesaikannya tepat waktu. Koordinasi dua perusahaan afiliasi Pertamina ini telah berkomitmen bersama menyelesaikannya target penyelesaian proyek dengan baik, lancar, sesuai tata waktu, dan aman.

Pekerjaan penggantian pipa proyek Rokan yang terbentang melintas di empat kabupaten yang diharapkan dapat nantinya digunakan untuk menyalurkan minyak di blok Rokan. Pembangunan pipa ini merupakan proyek strategis untuk mendukung ketahanan energi nasional. Ketahanan produksi minyak di Blok Rokan, diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan performa lifting minyak nasional sebagai energi primer dalam upaya memajukan perekonomian nasional.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement