Pertamina Jamin Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur pada Libur Nataru

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
22 Desember 2020, 23:20
Pertamina
Katadata

Makassar – Momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi spesial bagi masyarakat di Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Tak ayal apabila arus hilir mudik orang dan barang menjadi krusial di masa tersebut. Walaupun di masa pandemi pergerakan tersebut tak seperti biasanya, Pertamina tetap mengupayakan skenario terbaik dalam memastikan ketersediaan energi terutama BBM, LPG dan Avtur dapat tercukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Pertamina Regional Sulawesi telah melakukan proyeksi konsumsi energi, antisipasi potensi cuaca dan bencana, menyediakan layanan terbaik, serta berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam upaya memastikan ketersediaan BBM, LPG dan Avtur. Hal tersebut disampaikan dalam Press Conference Kesiapan Pertamina Regional Sulawesi Jelang Libur Natal dan Tahun Baru yang digelar secara virtual pada Selasa (22/12).

Advertisement

Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut dalam paparannya menyampaikan bahwa Pertamina secara korporasi telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 untuk memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina (SPBU, Agen LPG, Pangkalan dan lembaga penyalur lainnya) dari Sabang sampai Merauke untuk menghadapi momen Libur Pilkada, Natal dan Tahun Baru 2021.

Ketersediaan BBM dan LPG
Ketersediaan BBM dan LPG (Katadata)

Pertamina Regional Sulawesi telah melakukan proyeksi untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG. “Atas dasar proyeksi itu kami menambah buffering stok BBM selama masa Satgas tersebut sebesar 5 persen,” kata Rama mengawali Press Conference. “Adapun untuk LPG, kami menambah pasokan lebih dari 2 juta tabung LPG 3kg se Sulawesi atau sekitar 4 persen lebih banyak pada tanggal 9, 24-25 dan 31 Desember 2020.”

Selain itu, konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara pada periode Satgas diperkirakan naik sebesar 9,4 persen dibandingkan konsumsi normal harian November 2020. Potensi tingginya arus mudik menggunakan moda transportasi udara diprediksi akan tinggi di tengah masa libur Natal dan Tahun Baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement