Pertamina Dukung UMKM Sociopreneur

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
24 Desember 2020, 15:37
Pertamina
Katadata

Jakarta – Pembinaan dan pendampingan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan oleh PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan dilakukan secara masif. Tujuannya untuk mendorong para UMKM binaan naik kelas dan mengembangkan usahanya, serta dapat membantu masyarakat sekitar untuk menyediakan lapangan pekerjaan.

Hal ini sudah diterapkan oleh Naning Herdining. Pemilik UMKM Indah Cipta ini telah menerapkan usaha berbasis sociopreneur dalam menjalankan bisnisnya. “Saya ajak ibu-ibu rumah tangga yang menganggur untuk membantu membuat kerajinan bantal. Supaya jadi pemasukan untuk mereka juga,” kata Naning.

Advertisement

Saat ini sudah ada 5-6 karyawan yang membantu usahanya. Jumlah karyawannya bisa saja bertambah bergantung pada banyaknya pesanan yang datang. Naning akan bertugas menggunting pola pada kain satin lalu menyerahkannya kepada karyawan untuk disempurnakan. “Karena ini produk handmade, kualitas sangat dijaga sehingga 1 bantal ukuran 40x40 bisa selesai 3-4 hari,” ungkapnya.

UMKM Binaan Pertamina
UMKM Binaan Pertamina (Katadata)

Usaha yang berbasis di daerah Takalar, Sulawesi Selatan ini telah dijalani Naning sejak 2000. Pada awalnya, ia hanya iseng mengisi waktu luang untuk membuat sarung bantal dan gorden smock. Namun, karena positifnya komentar dari keluarga dan tetangga sekitarnya, membuat Naning serius menggeluti usaha ini.

Beragam karya seperti sarung bantal, bantal guling, taplak meja, bed cover, sampai tas pesta, ia jajakan dalam tokonya. Naning tidak mematok harga yang tinggi, hanya berkisar Rp50 ribu hingga Rp125 ribu per sarung bantalnya.

Berkat kegigihannya, Naning bisa mendapatkan omzet hingga Rp 10 juta per bulan. Saat ini, dengan menjadi mitra binaan Pertamina, perempuan kelahiran Madiun ini memiliki banyak kesempatan untuk mempromosikan produknya dalam ajang pameran seperti yang digelar di Samarinda pada 2017. “Semoga dengan bantuan modal dari Pertamina ini dapat saya manfaatkan untuk mengembangkan usaha dan membantu banyak orang,” ujarnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menambahkan, Pertamina mengapresiasi usaha berbasis socioprenenur yang dijalani oleh Naning. Menurut dia, hal ini merupakan contoh penerapan tujuan ke-8 dari Sustainable Development Goals (SDGs). ”Dengan naik kelasnya para UMKM, diharapkan para pekerjanya makin sejahtera dan membawa multiplier effect bagi semuanya,” kata Fajriyah.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement