Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat Bantu Permodalan UMKM

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
25 Desember 2020, 12:47
Pertamina
Katadata

Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat menyalurkan bantuan permodalan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat sebesar Rp9,3 miliar di penghujung 2020.

Melalui Program Kemitraan (PK), Pertamina berkomitmen mendukung UMKM untuk bangkit di masa pemulihan akibat terdampak pandemi Covid-19. Penyerahan dana pinjaman modal kemitraan ini secara simbolis dilakukan dengan penandatanganan akad kredit yang dilaksanakan di beberapa kota di tiga provinsi, yakni Serang, Jakarta Selatan, Purwakarta, Bandung, dan Cirebon pada 22 – 24 Desember 2020.

Advertisement

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa Program Kemitraan ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM agar dapat bangkit dari dampak pandemi sehingga menjadi penggerak perekonomian di wilayah masing-masing.

Program Kemitraan UMKM Pertamina
Program Kemitraan UMKM Pertamina (Katadata)

Pada  akhir Desember 2020 ini, Pertamina Regional Jawa Bagian Barat menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp9,32 miliar kepada 73 mitra di wilayah Banten, DKI, dan Jawa Barat. “Pertamina berharap dapat membantu UMKM yang  terdampak pandemi untuk dapat bangkit,” ujar Eko.

Ke-73 mitra binaan ini merupakan UMKM yang bergerak di berbagai macam bidang usaha, seperti makanan dan minuman / kuliner _(culinary),_ katering, kerajinan _(craft)_ dan produk kreatif, busana dan aksesoris _(fashion),_ budidaya jamur, gula aren, kopi, perdagangan, serta konveksi dan industri pakaian. Selain itu, terdapat juga pangkalan LPG melalui program _Pinky Movement,_ serta dukungan permodalan bagi pelaku usaha bengkel Enduro.

Selain mendukung pemulihan UMKM yang terdampak pandemi, dengan Program Kemitraan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil UMKM binaan Pertamina  menjadi tangguh dan mandiri. “Sekaligus juga memberi_multiplier effect_ bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat  sehingga dapat menggerakkan perekonomian di sekitar wilayah operasi Pertamina,” kata Eko.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement