Pertamina RU V Balikpapan Dukung Kesiapan Menghadapi Nataru

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
25 Desember 2020, 13:45
Pertamina
Katadata

Balikpapan - Pertamina RU V Balikpapan siap mendukung kelancaran dan kebutuhan Bahan Bakar Minyak menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Demikian disampaikan oleh General Manager RU V Balikpapan Eko Sunarno (Kamis, 24/04).

Eko menyampaikan bahwa kesiapan RU V Balikpapan dilakukan dengan membentuk tim satuan tugas pengendalian dan pemantauan kelancaran produksi dan penyeluran BBM. "Tim ini sudah mulai bertugas sejak 18 Desember 2020 hingga nanti berakhir pada 8 Januari 2021," katanya.

Advertisement

Menurut Eko, ada tiga hal utama yang menjadi fokus utama menjelang libur Nataru, yaitu kesediaan bahan baku berupa minyak mentah, keandalan kilang dalam memproduksi BBM, serta memastikan bahwa BBM tersebut dapat terkirimkan ke titik serah di Pertamina Pemasaran baik melalui jalur pipa maupun kapal.

Eko juga menyampaikan bahwa operasional kilang saat ini berjalan normal dan tidak ada kendala termasuk fasilitas pendukungnya, sehingga produksi BBM tetap berjalan dengan baik. Termasuk juga optimalisasi pekerja di Kilang.

Pertamina RU V Balikpapan saat ini memproduksi BBM yang akan disalurkan oleh Pertamina Pemasaran di Kalimantan dan Indonesia Timur. Oleh karena itu, Pertamina RU V senantiasa melakukan koordinasi dengan Pertamina Pemasaran untuk memastikan produksi BBM yang diperlukan. Pengaturan stok menjadi kuncinya. “RU V akan mempersiapkan diri apabila terjadi kenaikan permintaan BBM oleh Pertamina Pemasaran," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement