Milenial Bergaji UMR Bisa Beli Rumah dengan Cicilan Ringan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
22 Maret 2021, 17:45
Berita_BJB10
Katadata

BANDUNG--Machradin Ritonga (31) sudah lama bercita-cita memiliki rumah sendiri. Awalnya, pegawai swasta di Kota Bandung ini memasang target bisa tinggal di rumah hasil keringat sendiri sebelum usianya menyentuh kepala tiga.

Namun, keinginan tersebut kerap terganjal sejumlah kendala. Salah satunya besaran cicilan bulanan yang cukup memberatkan pengeluaran bulanannya. Sebagai pria lajang, Machradin masih harus menanggung beban cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) seorang diri.

"Selama ini belum menemukan KPR yang pembayaran cicilannya pas dengan penghasilan bulanan,” kata Macharadin,”kalau cicilan mengambil porsi lebih dari 30 persen penghasilan, jadinya tidak punya uang pegangan."

Ketakutan untuk mencicil rumah perlahan sirna ketika mengetahui informasi program KPR dari bank bjb yang memiliki jangka waktu cicilan lebih panjang dari rata-rata program serupa. Lewat fasilitas bjb KPR Griya untuk Milenial (Gaul), kaum milenial dapat mencicil KPR hingga 25 tahun.

Machradin menilai bjb KPR Gaul dapat meringankan beban pengeluaran bulanannya, sehingga, rutinitas menabung bulanan bisa terus berjalan.

"Buat saya yang paling menarik adalah cicilan bjb KPR Gaul bisa sampai 25 tahun, itu akan sangat memengaruhi besaran cicilan per-bulannya,” ujarnya. “Bila cicilan semakin ringan, jadi semakin ada ruang untuk menabung," kata dia melanjutkan.

Selain itu, dia juga menilai pembebasan biaya administrasi menjadi nilai plus tersendiri. Sebab biaya administrasi bisa sampai sekian persen dari harga rumah. “Jadi menguntungkan banget kalau bisa tanpa biaya administrasi," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Puspita Nilawati (28), warga Kabupaten Bandung.  Dia dan suaminya, sempat merasa memiliki rumah sendiri sangat mustahil dengan penghasilan hanya setara Upah Minimum Regional (UMR).

Namun, lewat bjb KPR Gaul, Puspita dan pasangannya tergolong ke dalam kelompok yang telah memenuhi syarat untuk mengambil cicilan rumah. Menurut Puspita, program bjb KPR Gaul menarik karena masyarakat sudah bisa mengambil cicilan dengan gaji minimal Rp3 juta.  “Itu juga sudah dihitung dengan penghasilan pasangan," ungkapnya.

Data Rumah.com Consumer Sentiment Survey H1 2021 mencatat, sebanyak 77 persen milenial mengaku telah memprioritaskan tabungan untuk membeli rumah. Survei yang sama juga mengungkap terdapat 51 persen milenial yang belum memiliki properti sendiri, baik berupa rumah, tanah, apartemen, ataupun yang lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...