PLN Apresiasi Langkah KPK Wujudkan Dunia Usaha Tanpa Korupsi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 April 2021, 13:41
Rillis_PLN3
Katadata

Jakarta– Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengapresiasi KPK yang terus mendorong upaya pencegahan korupsi di lingkungan dunia usaha. Sejalan dengan upaya tersebut KPK menggelar Webinar Nasional bertajuk ‘Mewujudkan Dunia Usaha Tanpa Korupsi’ yang digelar secara daring, Rabu (28/4).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pencegahan yang dilakukan KPK dari potensi terjadinya korupsi dilingkungan dunia usaha. Dalam Webinar tersebut hadir Ketua KPK Firli Bahuri, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, para Direksi BUMN dan pelaku usaha lainnya. 

“Kami mengapresiasi KPK yang terus mendorong upaya pencegahan korupsi,” kata Zulkifli seraya menyebutkan KPK juga telah mendukung PLN untuk memastikan tata kelola perusahaan yang baik terus dijalankan.

Ketua KPK Firli Bahuri me nyatakan KPK saat ini menggunakan pendekatan pencegahan tindak pidana korupsi. Oleh karena itu KPK melakukan kegiatan, kajian, penelitian kepada pemerintah, lembaga dan badan usaha untuk mencegah terjadinya korupsi. “Kami melakukan perbaikan dan penguatan sistem sehingga sistem yang baik menutup celah korupsi,” ujar Firli.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menuturkan untuk mewujudkan dunia usaha dan organisasi yang inovatif, andal dan berdaya saing, diperlukan langkah yang bernilai strategis. Salah satu aspeknya adalah pemberantasan korupsi.

Sesuai dengan nilai budaya AKHLAK yang dicanangkan, Kementerian BUMN senantiasa memegang teguh nilai moral dan etika dalam melaksanakan tugas.  “Kepada pemimpin usaha di BUMN kami mendorong untuk terus melakukan edukasi guna mewujudkan integritas,” katanya.

Kementeria juga, kata dia, terus mendorong BUMN untuk memastikan tata kelola perusahaan negara yang mendukung pemberantasan korupsi meliputi penguatan Good Corporate Governance (GCG), penguatan pengawasan dewan komisaris, penguatan fungsi risk management, penguatan fungsi internal audit, sesuai benchmark standar internasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...