Grab Ventures Velocity, Upaya Grab Perkuat Ekosistem Startup Indonesia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
4 Juni 2021, 12:32
Grab Ventures Velocity, Upaya Grab Perkuat Ekosistem Startup Indonesia
Grab Indonesia

Grab Indonesia menjadikan Grab Ventures Velocity (GVV) sebagai upaya khusus yang digagas perusahaan guna menyuburkan ekosistem startup di Tanah Air. Sejak tahun lalu, GVV membidik perusahaan rintisan (startup) yang model bisnisnya mendukung usaha mikro masuk ke ekonomi digital.

“Target besar GVV terutama memastikan supaya pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia berjalan cepat. Kami ingin para startup peserta GVV bisa tumbuh besar seperti Grab,” ujar Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, awal pekan ini.

Advertisement

Sejak 2018, GVV mengumpulkan 20 startup di Asia Tenggara, 15 diantaranya berasal dari Indonesia. Grab Indonesia sudah meluncurkan tiga angkatan GVV per 2020. Tak lama lagi akan digelar angkatan keempat, yang akan segera diumumkan.

Sejauh ini GVV fokus kepada startup yang sedang berada pada tahap post seed. Orientasi bisnis yang dijalankan para perusahaan rintisan pun sebaiknya berfokus kepada penguatan akses teknologi digital bagi UMKM.

Ada beberapa alumni GVV yang sudah terintegrasi di dalam aplikasi Grab, seperti Sejasa.com dan Sayurbox. Mereka juga bisa ditemukan di Solusi Mitra GrabMerchant. Lulusan lain yang juga mendulang kesuksesan adalah Qoala dan Printerous.

Kisah Sukses Startup Lulusan GVV

Grab Ventures Velocity, Upaya Grab Perkuat Ekosistem Startup Indonesia
Grab Ventures Velocity, Upaya Grab Perkuat Ekosistem Startup Indonesia (Grab Indonesia)

“Sebagai startup, penting sekali untuk terus mengembangkan diri dan terus belajar guna memenuhi kebutuhan pasar. Ini, secara tak langsung, turut memperluas target pasar kami dan menjadi kekuatan sebagai perusahaan rintisan,” ujar CEO Printerous Kevin Osmond.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement