Panduan Program Dana Padanan Kampus Vokasi Mulai Disosialisasikan

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
8 Juni 2021, 15:07
kemendikbud #1
Kementerian Pendidikan

Jakarta— Dalam upaya membangun ekosistem Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mendorong kolaborasi pengembangan ilmu dan teknologi, serta akselerasi antara Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dan dunia kerja.

Untuk mendorong dan merealisasikan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka tersebut, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP) meluncurkan Program Dana Padanan Kampus Vokasi (Matching Fund Vokasi).

Program ini melibatkan dunia kerja dan  pemangku  kepentingan  untuk  bersama-sama  terlibat  aktif  dalam  proses terbentuknya ekosistem pembelajaran yang berorientasi pada produk. Selain itu juga untuk   mendorong penciri pendidikan vokasi yang khas menghasilkan sumber daya manusia  yang terampil.

“Kami berharap PTV di bawah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berpartisipasi aktif dalam pengembangan program matching fund vokasi ini,” ujar Wikan.

Kampus Merdeka ditetapkan pada 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana. Implementasi kebijakan Kampus Merdeka direfleksikan dalam delapan Indikator Kinerja Utama (IKU). Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Beny Bandanadjaya menambahkan,  implementasi kebijakan Kampus Merdeka tersebut dituangkan dalam program kebijakan link and match 8+i Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan dikemas dalam Program Matching Fund Vokasi. Program tersebut dirancang untuk mendorong dan meningkatkan kemanfaatan, sekaligus menyelaraskan pengembangan ilmu dan teknologi yang dilakukan oleh PTV bersama dunia kerja. 

“Hal ini agar produk pembelajarannya dapat menjadi bagian atau solusi atas kebutuhan atau permasalahan yang ada pada masyarakat,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...