Risiko Kasus Covid Naik, Investor Reksa Dana Bisa Diversifikasi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 Juni 2021, 19:15
Bareksa #5
Reksadana

Bareksa.com - Kasus baru harian Covid-19 melesat pada pekan lalu, sehingga menjadi sentimen negatif di pasar saham dan obligasi. Investor reksa dana bisa mempertimbangkan diversifikasi dan pengalihan portofolio investasi ke aset lebih rendah risiko.

Chief of Research and Business Development Officer Bareksa, Ni Putu Kurniasari mengatakan pekan ini Indeks harga Saham Gabungan diproyeksikan masih akan cenderung turun dalam rentang 5.900-6.100. Imbal hasil (yield) obligasi negara juga diproyeksikan bergerak dalam rentang 6,55-6,70 persen.

Risiko datang dari lonjakan kasus baru harian Covid-19 yang mencapai 12.990 pada 18 Juni 2021, dan naiknya potensi tapering off obligasi pemerintah Amerika Serikat. Namun, suku bunga rendah dan data ekonomi Indonesia pasca Lebaran menunjukkan perbaikan dan bisa jadi sentimen positif bagi pasar.

"Risiko di pasar saham dan obligasi mulai mengalami kenaikan, sehingga investor dapat mempertimbangkan untuk diversifikasi atau pengalihan (switching) portofolio investasi ke aset yang lebih rendah risikonya seperti reksa dana pasar uang," ujarnya.

Di sisi lain, potensi penurunan IHSG maupun harga obligasi dapat menjadi kesempatan investor profil risiko agresif maupun moderat untuk melakukan top up ataupun pembelian dengan tetap mempertimbangkan risiko masing-masing.

Portofolio Reksa dana di Bank Digital

Lonjakan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir diproyeksikan akan kembali membatasi pergerakan masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah, terutama untuk transaksi jual beli. Hal ini akan mendorong kenaikan nilai transaksi digital dan turut berpengaruh positif pada beberapa saham bank digital, salah satunya PT Bank Jago Tbk (ARTO), yang dalam setahun terakhir naik pesat hingga 1.000 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...