Mendekatkan Diri Ke Milenial, Pos Indonesia Gagas Pos Bloc

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
23 Agustus 2021, 12:02
Mendekatkan Diri Ke Milenial, Pos Indonesia Gagas Pos Bloc
Katadata

Jika Anda pernah melintas di kawasan Gambir, Jakarta Pusat mungkin sempat melihat Gedung Filateli. Bangunan ini lekat dengan sejarah Batavia pada masa kolonial Hindia Belanda. Lokasi Gedung yang dulunya disebut Post en Telegrraf (kantor pos) ini tepat di seberang Pasar Baru.

Tepat pada 17 Agustus 2021, Gedung Filateli alias Kantor Pos Pasar Baru bertransformasi menjadi Pos Bloc. Ini adalah ruang kreatif baru di DKI Jakarta yang digarap PT Ruang Kreatif Pos, anak usaha PT Radar Ruang Riang, bekerja sama dengan PT Pos Properti Indonesia.

Setelah kemerdekaan, Gedung Filateli menjadi salah satu aset bersejarah milik Pos Indonesia. Dan seiring dengan perkembangan industri kreatif maka gedung ini bertransformasi menjadi sebuah creative hub yang inklusif.

Ke depan, selain menjadi tempat berdiskusi, Pos Bloc juga akan mewadahi beberapa sektor usaha kreatif. Tidak hanya pertunjukan musik, tetapi juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner, film, fesyen, dan kriya.

“Aset Pos Bloc ini memang milik Pos, ini bangunan bersejarah yang orisinil. Kami ingin agar bangunan bersejarah ini hidup kembali dan bisa mendekatkan lebih banyak anak muda dengan Pos Indonesia,” tutur Direktur Utama PT Pos Properti Indonesia Handriani Tjatur Setijowati, Sabtu (7/8/2021).

Pos Bloc
Pos Bloc (Katadata)

Sejauh ini terdapat dua fokus pembangunan di lahan seluas 6.500 meter persegi milik Pos Indonesia tersebut, yaitu ruang kreatif itu sendiri serta area untuk UMKM. Setelah pembukaan tahap pertama pada hari kemerdekaan lalu, akan dilanjutkan pengembangkan tahap kedua pada 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...