Memasuki Usia ke-275, Pos Bidik Bisnis Logistik Jadi Tulang Punggung

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
26 Agustus 2021, 12:31
Memasuki Usia ke-275, Pos Bidik Bisnis Logistik Jadi Tulang Punggung
Katadata

Bisnis logistik atau jasa pengiriman termasuk bidang usaha yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) sempat menyebutkan, kegiatan logistik yang tetap tumbuh khususnya logistisk e-commerce dan layanan pengiriman barang.

Jelang pengujung 2020, sejumlah pemberitaan menyebutkan, berdasarkan data Kementerian Keuangan diketahui bahwa transaksi pembelian melalui e-commerce meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta. Angka ini setara dengan total nilai transaksi naik 9,9 persen menjadi Rp 20,7 triliun.

Menyadari besarnya potensi tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) memutuskan untuk bertransformasi dengan lebih memprioritaskan bisnis jasa logistiknya. Hal ini dikemukakan langsung oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi.

Pos sebagai salah satu BUMN tertua di Indonesia menargetkan dalam empat hingga lima tahun mendatang dapat memposisikan bisnis logistik sebagai tulang punggung. Saat ini, usaha logistik berada pada urutan ketiga setelah kurir dan jasa keuangan.

“Pendapatan terbesar kami sekarang ada di kurir, serta jasa keuangan, logistik, barulah properti. Kami ingin dalam lima tahun ke depan, logistik menjadi nomor satu baru disusul jasa keuangan dan layanan kurir. Logistik ini size pasarnya besar, ambil sedikit saja sudah luar biasa,” tuturnya kepada Katadata, Senin (9/8/2021).

Strategi bisnis tersebut ditempuh Pos Indonesia seiring dengan proses transformasi besar-besaran yang sedang dilakukan perusahaan. Proses digitalisasi ditempuh agar bisnis yang dibangun sejak 274 tahun lalu mampu terus bertahan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...