Semarak Kampung Berseri, Astra Umumkan Desa Super Prioritas

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
30 September 2021, 13:25
astra
Katadata

JAKARTA: Bagi sebagian orang, bukan hal yang sulit untuk menunjukkan bakti dan perjuangan kepada tanah kelahirannya. Menghasilkan suatu produk yang dapat menembus pasar ekspor merupakan suatu kebanggaan bagi negara karena dapat berkontribusi terhadap penguatan perekonomian bangsa.

Itulah yang dilakukan warga Desa Sejahtera Astra (DSA) Purworejo, Jawa Tengah. Bersama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, DSA Purworejo belum lama ini telah mengekspor 30 ribu bulu mata palsu ke Turki, Zimbabwe, dan Amerika Serikat dengan senilai US$30 ribu.

Advertisement

Kisah sukses di pasar ekspor lain juga datang dari sebuah desa di Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lahir dari dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau, Desa Sejahtera Astra (DSA) Temanggung berhasil memproduksi bijih kopi yang juga berhasil menembus ke pasar luar negeri.

Berbeda dari kedua DSA di atas, Kampung Berseri Astra (KBA) Tanon, Semarang, Jawa Tengah, berkontribusi terhadap wilayah dan masyarakat sekitarnya melalui kesenian budaya lokal dengan menyuguhkan paket kunjungan desa wisata, budaya dan pembelajaran yang menyediakan pagelaran seni, outbond ndeso, permainan tradisional yang menjadi sumber tambahan penghasilan masyarakat setempat.

Kisah tersebut merupakan contoh kecil dari semangat KBA dan DSA yang dibina oleh Astra dalam membangun bangsa, sesuai dengan tema Semarak KBA, yakni Semangat Membangun Bangsa, Bangga Menjadi Bangsa Indonesia.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia serta mendukung penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional dan Pekan Olahraga Tradisional yang sedang berlangsung pada September hingga Oktober 2021.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia, Astra pada Rabu (29/9) mengadakan acara puncak Semarak KBA yang menjadi perayaan di seluruh KBA dan DSA.

Setelah KBA Tanon dan DSA Temanggung terpilih sebagai KBA/DSA Super Prioritas 2020 melalui sayembara KBA/DSA Super Prioritas 2020, pada tahun ini Astra dan Kemenparekraf kembali mengajak masyarakat KBA/DSA mengajukan proposal untuk menjadi Kampung/Desa Super Prioritas 2021 dan akan dilakukan pembangunan landmark atau ikon untuk pemenang KBA/DSA Super Prioritas.

Peluncuran Gugus DSA Astra Tourism & Craft Academy

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement