Semarak Kampung Berseri, Astra Umumkan Desa Super Prioritas

Kampung Berseri Astra berkontribusi terhadap wilayah dan masyarakat sekitarnya melalui kesenian budaya lokal dengan menyuguhkan paket kunjungan desa wisata
Image title
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
30 September 2021, 13:25
astra
Katadata

JAKARTA: Bagi sebagian orang, bukan hal yang sulit untuk menunjukkan bakti dan perjuangan kepada tanah kelahirannya. Menghasilkan suatu produk yang dapat menembus pasar ekspor merupakan suatu kebanggaan bagi negara karena dapat berkontribusi terhadap penguatan perekonomian bangsa.

 

Itulah yang dilakukan warga Desa Sejahtera Astra (DSA) Purworejo, Jawa Tengah. Bersama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, DSA Purworejo belum lama ini telah mengekspor 30 ribu bulu mata palsu ke Turki, Zimbabwe, dan Amerika Serikat dengan senilai US$30 ribu.

 

Kisah sukses di pasar ekspor lain juga datang dari sebuah desa di Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lahir dari dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau, Desa Sejahtera Astra (DSA) Temanggung berhasil memproduksi bijih kopi yang juga berhasil menembus ke pasar luar negeri.

 

Berbeda dari kedua DSA di atas, Kampung Berseri Astra (KBA) Tanon, Semarang, Jawa Tengah, berkontribusi terhadap wilayah dan masyarakat sekitarnya melalui kesenian budaya lokal dengan menyuguhkan paket kunjungan desa wisata, budaya dan pembelajaran yang menyediakan pagelaran seni, outbond ndeso, permainan tradisional yang menjadi sumber tambahan penghasilan masyarakat setempat.

 

Kisah tersebut merupakan contoh kecil dari semangat KBA dan DSA yang dibina oleh Astra dalam membangun bangsa, sesuai dengan tema Semarak KBA, yakni Semangat Membangun Bangsa, Bangga Menjadi Bangsa Indonesia.

 

Kegiatan ini diadakan dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia serta mendukung penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional dan Pekan Olahraga Tradisional yang sedang berlangsung pada September hingga Oktober 2021.

 

Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia, Astra pada Rabu (29/9) mengadakan acara puncak Semarak KBA yang menjadi perayaan di seluruh KBA dan DSA.

 

Setelah KBA Tanon dan DSA Temanggung terpilih sebagai KBA/DSA Super Prioritas 2020 melalui sayembara KBA/DSA Super Prioritas 2020, pada tahun ini Astra dan Kemenparekraf kembali mengajak masyarakat KBA/DSA mengajukan proposal untuk menjadi Kampung/Desa Super Prioritas 2021 dan akan dilakukan pembangunan landmark atau ikon untuk pemenang KBA/DSA Super Prioritas.

 

Peluncuran Gugus DSA Astra Tourism & Craft Academy

Astra juga meluncurkan Gugus DSA “Astra Tourism & Craft Academy” yang berlangsung hingga Desember 2021. Acara dengan para peserta tokoh penggerak KBA Wisata dan DSA dengan produk unggulan wisata tersebut memiliki tujuan antara lain meningkatkan kapasitas KBA/DSA subgugus wisata, kriya dan budaya, membantu pemulihan ekonomi dan meningkatkan pendapatan usaha serta membantu sektor wisata.

 

Turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Indra Ni Tua, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

 

“Pariwisata pasca pandemi harus bisa beradaptasi besar-besaran. Kami turut mengapresiasi Desa Sejahtera Astra Wisata Muncar Temanggung karena sudah melakukan upaya pengembangan desa wisata yang signifikan," ujar Menteri Sandiaga.

 

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menambahkan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Astra mengintegrasikan implementasi empat pilar kontribusi sosial Astra dalam bentuk KBA dan DSA.

 

Dalam menjalankan program  tersebut, Astra melakukan berbagai macam kegiatan yang meliputi pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan sarana, prasarana, dan fasilitasi modal.

 

“Selain itu juga dukungan pemasaran, hingga pembentukan role model KBA dan DSA mandiri,” kata Riza.

 

Rangkaian acara Semarak KBA telah berjalan dari 22-28 September 2021. Berbagai macam kegiatan dilakukan guna menumbuhkan semangat pada seluruh pihak yang terlibat dalam KBA dan DSA di antaranya sayembara video profil KBA/DSA serta lomba yang dibuka untuk umum, lomba lukis mural, lomba permainan tradisional online, lomba TikTok tari tradisional, lomba batik digital.

 

Semangat Astra untuk membangun bangsa melalui KBA dan DSA sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait