Memperkuat UMKM untuk Mendorong Perekonomian Indonesia

Fitria Nurhayati
Oleh Fitria Nurhayati - Tim Publikasi Katadata
1 Oktober 2021, 10:24
Memperkuat UMKM untuk Mendorong Perekonomian Indonesia
dok. Danone Indonesia

Ekonomi kreatif, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ikut mendorong Indonesia menduduki peringkat tiga negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Ini berdasarkan perhitungan persentase terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai lebih dari Rp1.000 triliun.

Peran signifikan tersebut ditopang oleh terus bertambahnya unit UMKM di Indonesia. Sampai akhir 2019 sudah ada 65,5 juta unit UMKM yang menyerap sekitar 96,9 persen tenaga kerja berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). UMKM juga berkontribusi terhadap 15,6 persen ekspor nonmigas, dan 4,1 persen rasio dalam rantai nilai global.

Namun selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, UMKM menjadi sektor usaha yang paling terdampak. Hasil survei UNDP dan LPEM UI terhadap 1.180 UMKM yang dipublikasikan pada Januari 2021 menunjukkan, lebih dari 48 persen responden sulit mendapatkan bahan baku.

Sebanyak 77 persen responden pendapatannya menurun, 88 persen mengalami penurunan permintaan produk, 84,6 persen sulit mendistribusikan produk, dan 56 persen harus mengurangi karyawan.

Untuk kembali membangkitkan UMKM, pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi melakukan beragam upaya untuk membangkitkan kembali UMKM Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno, pada webinar Katadata bertajuk “Menumbuhkan Ekonomi Kreatif untuk UMKM Indonesia” 12 Agustus 2021 menyatakan, pemerintah memiliki komitmen yang tinggi dalam memperhatikan pelaku UMKM di Tanah Air.

“Kami memiliki tiga strategi utama agar pelaku UMKM tidak hanya bertahan, tapi juga bisa menangkap peluang yang ada, yaitu Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi),” ujar Sandi.

Melalui tiga strategi tersebut, Kemenparekraf memberi pelatihan usaha, penggunaan internet, teknik marketing, serta fotografi untuk meningkatkan nilai barang. Selain itu juga menyediakan konsultasi bisnis bagi yang memerlukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...