Pelaku UKM: Agresivitas BNI Bantu Buka Pasar Baru

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
8 November 2021, 09:39
Pelaku UKM: Agresivitas BNI Bantu Buka Pasar Baru
Katadata

Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) merasa sangat terbantu dengan agresivitas perbankan yang memberikan bantuan dalam membuka pasar baru. Salah satunya dilakukan oleh BNI yang telah mengundang beberapa UKM untuk memajang produk unggulannya di Al Jaber Gallery di Mall of Dubai, Uni Emirat Arab, salah satu mall terbesar di negara jazirah Arab tersebut.

Reaksi positif diungkapkan oleh UKM yang diajak ke Dubai, seperti Founder Keewa Shoes Dani Ika Suryandari dan Founder Borneo Queen Kiki Aprilia di Dubai, akhir pekan lalu. Keduanya menjadi UKM yang diajak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI untuk menjajakan produk unggulannya di Mall of Dubai.

Advertisement

Dani Ika Suryandari mengapresiasi langkah proaktif BNI yang terus mencari peluang pertumbuhan bagi para pelaku UKM. Dia optimistis usahanya akan mendapat apresiasi pembelian yang sangat besar dengan masuk di pasar Dubai dan sekitarnya.

"Sebetulnya kami pun tak menyangka upaya BNI seagresif ini. Benar-benar tak menyangka produk kami dijual di Al Jaber Gallery yang sangat eksklusif itu. Pokoknya keren banget lah," katanya.

Dia menuturkan Rumah Keewa sudah berjalan selama enam tahun. Dia bersama pengrajin yang lain berupaya menciptakan produk unik tradisional berkualitas yang mampu dicintai oleh semua orang Indonesia termasuk di luar negeri. Dia pun yakin usahanya akan semakin lebih meningkat lagi.

“BNI juga terus memberi bimbingan dan aktif mengajak kami untuk banyak program pembelajaran. Kami juga diberi banyak tips terkait ekspor dan sosial media," katanya.

Founder Borneo Queen Kiki Aprilia pun sangat mengapresiasi upaya BNI untuk menjual produk dari Kalimantan Tengah ini tembus ke Dubai.  

"Seneng banget. BNI sangat setia membina kami para pelaku UMKM,” katanya.”Dari awal bisnis kami selalu mendapat support sehingga mampu menembus pasar ekspor seperti saat ini. Tentu kami pun bangga."

Dia menyampaikan usahanya kini terus menambah jumlah pengrajin untuk menjawab permintaan yang terus meningkat. Kiki akan terus mempertahankan usaha dengan konsep kerajinan tangan agar keunikan produk dapat terjaga.

Sejauh ini, kata dia, permintaan terhadap produknya sudah meningkat 5.000-7.000 per bulan. “Sebelumnya sedikit sekali. Ke depannya tentu akan naik, dan kami akan terus tambah pengrajin. Sekarang saja sudah pengrajin satu kampung kami berdayakan."

Komitmen Pemerintah

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement