Tahun 2022, Awal Revolusi Industri Periklanan Luar Ruang di Indonesia

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
23 November 2021, 09:00
Tahun 2022, Awal Revolusi Industri Periklanan Luar Ruang di Indonesia
Katadata

Media luar ruang atau out-of-home (OOH) merupakan bentuk periklanan tertua di dunia, dan meskipun melihat banyak perubahan dalam formatnya, kemajuan yang sama tidak terlihat di sisi analisis datanya, terutama di Indonesia.

Sebagian besar layanan hanya menyediakan data ke berberapa titik media luar ruang yang jumlahnya sangat terbatas dan tidak memiliki inventaris OOH nasional yang dapat diukur melalui rangkaian KPI atau parameter yang sama.

Advertisement

Oleh karena itu Nord & Smith, sebuah perusahaan teknologi iklan yang berspesialisasi dalam analisis data dan investasi media OOH, meluncurkan sebuah platform inventory OOH terukur terbesar, yang merevolusi industri periklanan luar ruang di Indonesia.

Sama seperti industri Ojek, media luar ruang di Indonesia merupakan industri yang sangat tua dan matang. Dan hari ini, sama dengan Ojek sekitar satu dekade yang lalu, industri OOH belum dapat diatur dengan mudah di Indonesia, sangat berantakan, dan tidak memiliki ekosistem berbasis teknologi untuk mendukung industri tersebut.

Hal ini memiliki dampak tinggi pada pemangku kepentingan utama dalam industri, contohnya brand manager akan takut memiliki pengeluaran iklan luar ruang yang terlalu tinggi karena sulit mendapatkan data akurat untuk membuat laporan hasil iklan, terutama saat dilakukan secara nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement