Bank Mandiri Dukung Digitalisasi Transaksi Keuangan BP Batam

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
26 November 2021, 15:49
Bank Mandiri #18
Katadata

Bank Mandiri terus mendukung pengembangan ekonomi wilayah yang menekankan pada penguatan daya saing lokal, termasuk di kawasan ekonomi khusus. Terkait hal itu, Bank Mandiri menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) mengenai pemanfaatan produk dan layanan perbankan. 

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Kantor Pusat BP Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (26/11).

Advertisement

Menurut Darmawan Junaidi,  inisatif ini merupakan langkah strategis perseroan untuk memperkuat kerja sama dalam mengimplementasi percepatan pemulihan ekonomi. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan digital perbankan Bank Mandiri. 

Darmawan mengatakan, dukungan Bank Mandiri  dapat memberikan lebih banyak nilai tambah bagi masyarakat secara umum. “Terutama melalui pemanfaatan digital banking yang akan dapat meningkatkan efisiensi dan profitabilitas," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Mandiri juga mengenalkan layanan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri sebagai produk andalan perseroan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan transaksi lewat beragam fitur unggulan. 

Darmawan berharap pemanfaatan Kopra by Mandiri mampu mempermudah kebutuhan layanan keuangan BP Batam dengan memanfaatkan layanan single access.

Platform digital ini akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale BP Batam ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) yang memudahkan akses digital portal existing. Di antaranya Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody.

Menurut dia, digitalisasi menjadi salah satu kunci dalam percepatan proses dan modernisasi bisnis di era ini.  “Kami memiliki layanan Kopra by Mandiri yang dapat digunakan untuk mendukung proses bisnis dan transaksi BP Batam.”

Bahkan, untuk mitra Kerja BP Batam, layanan ini selaras dengan program National Logistic Ecosystem (NLE) khususnya di kawasan Batam, ujarnya melanjutkan.

Sampai dengan akhir September 2021 (year-to-date/YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri tercatat sebanyak lebih dari 160 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 9.400 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement