Menteri Perindustrian Apresiasi Kinerja Ekspor PT SCNP

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
21 Desember 2021, 22:50
SCNP
Katadata

PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk. (SCNP) terus meningkatkan kinerha ekspor sejumlah produknya ke Amerika Serikat (AS). Salah satu produk SCNP yang diekspor ke Negara Adidaya tersebut, yaitu produk vacuum cleaner SCNP dengan merek BISSEL.

Vacuum cleaner tersebut merupakan suatu hasil kerja sama antara SCNP dengan raksasa industri elektronik China, Guangdong Xinbao (Donlim). SCNP dan Donlim bersama-sama membentuk satu joint venture bernama PT Selaras Donlim Indonesia (SDI).

SDI didirikan khusus untuk memenuhi kebutuhan ekspor vacuum cleaner ke Amerika Serikat. Rata-rata volume ekspor vacuum cleaner ke Amerika Serikat sebanyak 100 kontainer per bulan.

Selain merek Bissel, pada awal Desember 2021, SCNP juga mulai memproduksi air purifier dengan merek terkenal BlueAir yang bertaraf internasional dan juga telah diekspor ke negeri AS.

Dalam kunjungan Menteri Peridustrian Agus Gumiwang mengapreasiasi kinerja ekspor SCNP ke AS tersebut. Di sisi lain, manajemen SCNP menyampaikan kepedulian mendalam terhadap kondisi perekonomian domestik yang masih didominasi oleh barang jadi dan komponen impor.

Salah satu faktor utama sukses dalam industri manufaktur di Indonesia adalah terpenuhinya persyaratan SNI. Kondisi tersebut merupakan indikasi dari pengakuan pasar internasional terhadap persyaratan dasar yang ditetapkan dalam SNI.

Selain menjadi persyaratan teknis dalam menjamin ragam aspek (kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup), SNI juga menjadi suatu nilai tambah yang memperbesar peluang penetrasi industri domestik di pasar ekspor.

Untuk itu SCNP  mendukung program pemerintah menerapkan kebijakan pemberlakuan SNI dan TKDN. SCNP selaku perusahaan lokal berharap bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah serta kemudahan untuk memperoleh SNI dan sertifikat TKDN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...