PLN Tak Batasi Teknologi dalam Lelang Konversi PLTD ke PLTS

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
18 Februari 2022, 09:02
Salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya milik PT PLN (Persero).
PLN

PT PLN (Persero) memberi keleluasaan bagi pengembang yang mengikuti lelang konversi PLTD ke PLTS dan baterai untuk menggunakan beragam teknologi. Hal ini ditujukan untuk menyukseskan program konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT).

Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, PLN sedang memproses pengadaan atau lelang program konversi PLTD di sejumlah wilayah. Di dalam proses ini, perusahaan mendorong kompetisi dan inovasi dalam proses pengadaan pembangkit EBT agar infrastruktur yang dimiliki berkualitas.

“PLN tidak akan membatasi teknologi yang digunakan, silahkan berkompetisi dengan baik,” kata Wiluyo dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan pembahasan Program Dedieselisasi yang direncanakan PLN, Selasa (15/2/2022).

Menurut Wiluyo, dengan dibukanya kesempatan penggunaan teknologi pada PLTS dan baterai akan memberikan ruang bagi pengembang untuk membawa teknologi-teknologi baru, sehingga tidak terbatas pada teknologi battery VLRA ataupun lithium. Alternatif teknologi baru seperti vanadium redox flow battery diharapkan dapat berkembang pula sebagai alternatif baterai skala besar.

PLN pun berkomitmen memenuhi ketentuan TKDN dalam pengembangan EBT khususnya dalam konversi PLTD ke PLTS tersebut. Hal ini ditempuh dengan memberikan kesempatan barang jasa dalam negeri digunakan pada proyek itu sehingga industri nasional tidak hanya menjadi penonton.

Pada kesempatan yang sama, Wiluyo meminta Kadin agar menjembatani komunikasi dengan Kementerian Perindustrian sehingga ada fleksibilitas tingkat komponen dalam negeri (TKDN), khususnya dalam konteks program konversi PLTD ke EBT tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...