Jelang MotoGP di Mandalika, Telkom Intensif Pantau Infrastruktur TIK

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
16 Maret 2022, 09:45
MotoGP Mandalika
Telkom
Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy (keempat dari kiri) bersama Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, sekaligus Ketua Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika 2022 Teuku Muda Nanta (ketiga dari kanan) usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan dan layanan TelkomGroup untuk mendukung kompetisi dunia MotoGP di Mandalika.

Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP Mandalika tinggal menghitung hari. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara intensif meninjau kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di venue Mandalika Circuit.

Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada minggu lalu.

Rangkaian kegiatan itu diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah. Ikut mendampingi Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono.

Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut.

Simulasi dilakukan di beberapa titik kritis di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.

Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala berarti.

Sementara itu dari sisi infrastruktur, Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan timnya telah banyak mencatat lesson learn dari event World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam. Saat itu Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

“Telah kami lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP,” ujar Herlan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...