Mandiri Group Bersama PPATK Menanam 1.000 Pohon di Kawasan Katulampa

Mandiri Group mengajak masyarakat untuk mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
4 April 2022, 09:19
Mandiri Group Tanam 1.000 Pohon
Bank Mandiri

Bank Mandiri bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)  secara konsisten kembali mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan untuk mendorong kelestarian lingkungan sekaligus memperingati Dua Dekade Gerakan APU-PPT.

Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya mengatakan, Mandiri Group berkomitmen untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Hal ini tentunya merupakan bagian dari konsistensi Mandiri Group yang menekankan pertumbuhan pada peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan dalam masyarakat.

"Sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup,” kata dia melalui siara pers, (Kami 31/3).

Dia mengatakan, Bank Mandiri bersama dengan Mandiri Group juga mengajak masyarakat untuk mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan, mengurangi emisi karbon, menjaga kelestarian alam, dan pencegahan bencana.

“Sekaligus memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat," ujarnya.

Hal ini diwujudkan lewat kolaborasi antara Mandiri Group serta PPATK yang bersama-sama berkomitmen menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan. Salah satunya melalui penanaman pohon di daerah hulu Katulampa Bogor.

Katulampa dipilih sebagai lokasi penanaman mengingat kawasan ini menjadi daerah hulu yang potensial menampung resapan air, serta salah satu sumber yang mengaliri sungai Ciliwung.

Dalam acara ini, Mandiri Group memberikan 1.000 pohon buah produktif untuk ditanam. Selain berfungsi sebagai resapan air untuk pencegahan bencana, juga mampu menjadi pohon yang produktif dan dapat  memberikan manfaat secara ekonomis bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Sales and Distribution PT Bank Syariah Indonesia Tbk. , Anton Sukarna menyampaikan bahwa BSI terus mendukung green economy dari segala aspek.

Baik dari sisi bisnis maupun tanggung jawab perusahaan untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan prinsip syariah untuk ekonomi keberlanjutan.

Anton menambahkan, BSI menyambut baik sinergi tersebut sebagai bentuk dukungan dan komitmen perseroan penuh terhadap good corporate governance (GCG) kepada seluruh pemangku kepentingan. Dengan begitu keberadaan BSI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Tahun ini, BSI juga memiliki berbagai program pelestarian lingkungan. Misalnya, penghijauan di daerah rawan bencana melalui penanaman bibit pohon, pemasangan solar panel, penempatan mesin daur ulang botol, dan program kelestarian alam lainnya.

BSI bersama Mandiri Group dan PPATK mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga keberlanjutan mulai dari hal kecil yang hisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi.

Direktur Business Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama menyambut baik acara tanam pohon yang digelar oleh Mandiri Group dan PPATK tersebut.

Menurut dia, saat ini dunia sedang bergerak ke arah membangun kesadaran ekologis untuk memastikan perbaikan lingkungan hidup yang kontinyu.

Gerakan yang dibangun pada hari ini sangat positif sebagai langkah yang baik untuk merawat bumi agar tetap lestari,” kata dia,”dan karena itu kami menyambut baik upaya-upaya penghijauan yang dilakukan oleh Mandiri Group dan PPATK.”

Di samping itu, Maswar menilai bahwa penanaman pohon secara simbolis dengan PPATK menyiratkan makna dukungan terhadap green economy.  Tujuannya untuk mengurangi karbondioksida terhadap lingkungan serta hemat sumber daya alam dan berkadilan sosial.

Dengan memberikan bibit pohon buah-buahan Mandiri Grup berupaya untuk mendukung peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan.

“Semoga Gerakan ini memberikan inspirasi semua kalangan untuk turut menjaga lingkungan,” ujar Maswar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait