Home Credit Ajak Masyarakat #TemukanHariRaya Bersama pada Ramadan

Di tengah optimisme dan aktivitas konsumsi masyarakat yang meningkat, Home Credit hadir untuk menghidupkan momen dan tradisi Ramadan serta Idul Fitri.
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
21 April 2022, 13:25
Pembiayaan Home Credit saat Ramadan
Home credit

Memasuki Ramadan pada  tahun ketiga pandemi, tren konsumsi diperkirakan akan mengalami perbaikan setelah sebelumnya sempat lesu pada Bulan Puasa 2020 dan 2021.

Salah satu indikasinya, yakni optimisme konsumen terhadap tetap terjaganya kondisi perekonomian yang ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 114,6 pada triwulan I-2022.

Angka itu lebih tinggi daripada IKK pada triwulan I-2021 sebesar 88 (Survei Konsumen Bank Indonesia pada Maret 2021 dan Maret 2022).

Melihat tren IKK yang kian membaik tersebut, Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, juga semakin optimis akan aktivitas konsumsi masyarakat yang semakin menggeliat di bulan Ramadan 2022.

Di tengah optimisme dan aktivitas konsumsi masyarakat yang meningkat, Home Credit hadir untuk menghidupkan momen dan tradisi Ramadan serta Idul Fitri.

Caranya melalui berbagai kemudahan dalam mendapatkan ragam barang impian dan penuhi kebutuhan usaha serta saling menginspirasi untuk berbagi kebaikan demi bisa #TemukanHariRaya bersama.

Direktur Utama Home Credit Animesh Narang mengatakan, pemulihan ekonomi yang dipicu oleh menurunnya kasus Covid-19 sekaligus meningkatnya vaksinasi terlihat dari geliat aktivitas masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Home Credit mengalami tren pertumbuhan positif. Pada kuartal I-2022, perusahaan ini berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp1,69 triliun, tumbuh 10 persen dibandingkan dengan Rp1,54 triliun pada kuartal I/2021.

“Pencapaian tersebut tentu diiringi dengan komitmen kami untuk dapat menyalurkan pembiayaan dengan mudah, transparan, dan sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas pelanggan,” ujarnya.

Tidak hanya kemudahan akses melalui aplikasi digital My Home Credit, tapi tim Home Credit yang tersebar di berbagai daerah dengan lebih dari 21 ribu mitra toko, selalu ada untuk memberikan panduan dan pelayanan terbaik, katanya.

Lebih lanjut Animesh menerangkan bahwa kuatnya kinerja keuangan Home Credit pada kuartal I-2022 tersebut melanjutkan kinerja pembiayaan yang bertumbuh dan sehat pada 2021.

Perseroan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp6,5 triliun atau meningkat sebesar 5 persen dibandingkan dengan Rp6,2 triliun pada 2020.

Home Credit telah melayani lebih dari 5,5 juta pelanggan (per akhir Maret 2022). Rinciannya pembiayaan paling besar disalurkan oleh Home Credit adalah untuk mobile phone/smartphone dengan komposisi sebesar 63 persen dari total kontrak pembiayaan barang.

Sisanya diikuti oleh pembiayaan untuk berbagai komoditas lainnya seperti furnitur, televisi, fesyen, kulkas, aksesoris mobil dan sebagainya.

Di samping pembiayaan barang tersebut, Home Credit turut mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui penyaluran pembiayaan modal kerja bagi para pelanggan existing. Nilainya mencapai Rp411 miliar sepanjang kuartal I-2022 atau meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan dengan Rp88 miliar pada kuartal I-2021.

Staf Ahli Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (HIPPINDO) Yongky Susilo mengatakan, situasi bisnis saat ini sudah menunjukkan perbaikan yang signifikan, bahkan mulai mengarah ke situasi sebelum pandemi Covid-19.

Aktivitas bisnis offline seperti di pusat-pusat perbelanjaan yang sempat turun drastis pada dua tahun pertama pandemi, kini mulai memperlihatkan berbagai tanda pre-pandemic normalcy.

Perbaikan tersebut cenderung semakin terakselerasi pada Ramadan 2022, di mana masyarakat biasanya akan meningkatkan konsumsinya, yang turut didorong oleh pemberian Tunjangan Hari Raya.

“Pertumbuhan ekonomi kuartalan umumnya akan mencapai puncak pada kuartal II karena adanya Ramadan dan Lebaran,” kata dia.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai barang impian sesuai kebutuhannya, Home Credit juga mengadakan promo #TraktiranHebohRamadan.

Dalam promo yang berlaku pada 25 Maret hingga 8 Mei 2022 tersebut, pelanggan bisa menikmati salah satu dari promo menarik berikut ini, yaitu bunga 0 persen, gratis biaya admin atau bunga bisa 0 persen dengan cara membayar cicilan tepat waktu untuk menikmati gratis cicilan satu kali.

Berbagai promo menarik itu dapat dinikmati oleh para pelanggan di toko-toko mitra terpilih yang telah bekerjasama dengan Home Credit yang daftarnya dapat diakses dalam tautan berikut ini: https://bit.ly/TraktiranHebohRamadan.

Adapun Home Credit juga turut menginspirasi masyarakat dengan menggelar kegiatan amal dalam bentuk berbagi makanan kepada masyarakat membutuhkan bekerjasama dengan organisasi sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Home Credit melakukan donasi makanan di wilayah Jakarta dan Tangerang seperti Yayasan Raudhatul Jannah Kelapa Gading, Masjid Jami Bintaro Jaya, Tempat Pembuangan Sampah Penjaringan dan YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Kebayoran Baru pada 12, 13, 22 dan 23 April 2022.

Chief Operations Officer Home Credit Stephanus Wisnu Kumarajati mengatakan, Bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat solidaritas dengan cara berbagi makanan kepada masyarakat yang memerlukan uluran tangan.

“Dalam program donasi dengan konsep “Food Truck” ini, kami membuka ruang bagi para karyawan kami untuk berpartisipasi secara sukarela menjadi relawan,” kata dia,”Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus berbagi kepada sesama seiring perjalanan kita dalam menemukan Hari Raya bersama.”

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait