KNTI dan Menteri BUMN Sepakat Masa Depan Pangan Indonesia Ada di Laut

Padjar Iswara
17 Mei 2022, 10:16
Kedaulatan pangan ada di tangan nelayan
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Menteri BUMN Erick Thohir

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersepakat bahwa nelayan sangat berperan penting bagi masa depan Indonesia. Masa depan pangan bangsa ini pun ada di laut.

Kesimpulan itu terungkap dari kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir ke sejumlah nelayan di Pesisir Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Minggu lalu (15/5).

Ketua Harian Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Dani Setiawan mengapresiasi kunjungan Erick ke sejumlah nelayan di Pesisir Muncar, Kabupaten Banyuwangi tersebut.

Upaya tersebut setidaknya menunjukkan Menteri BUMN juga memiliki concern dan pandangan yang sama dengan KNTI bahwa masa depan pangan Indonesia ada di laut. Juga soal pandangan bahwa para nelayan merupakan benteng terakhir dari kekuatan ekonomi bangsa.

"KNTI dengan Menteri BUMN Erick Thohir satu pandangan bahwa masa depan kita ada di laut,” kata dia.”Karena itu nasib bangsa ini juga ada di tangan para nelayan kecil dan tradisional Indonesia.

Kunjungan ini, menurut Dani, juga menjawab para nelayan di Banyuwangi yang sudah lama mengeluhkan rumitnya regulasi BBM bagi nelayan. Kementerian BUMN diyakininya punya solusi konkrit untuk menyehatkan ekosistem usaha nelayan.

Namun perlu diingat, kata Dani, ekosistem usaha nelayan tak melulu soal BBM. Tapi juga soal perlindungan wilayah penangkapan, pembiayaan dan pemasaran.

Seorang wakil kelompok nelayan Muncar, Sudirman, menyampaikan unek-uneknya atas kehidupan nelayan di Muncar. Dia berbicara soal regulasi yang selama ini menyulitkan nelayan, meskipun saat ini sudah membaik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...