Erick Thohir: Masyarakat Berakhlak Diperlukan untuk Kemajuan Bangsa

Sejak memimpin Kementerian BUMN, Erick Thohir memang kerap menggaungkan tentang akhlak
Image title
Oleh Yanuar
19 Mei 2022, 16:53
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) selaku Head Mentor IDT Bidang Bisnis bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim (kiri) selaku Head Mentor IDT Bidang Teknologi dan Pendiri Narasi Najwa Shihab (kanan) selaku Head Mentor I
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah)

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, bahwa Indonesia perlu membangun masyarakat berakhlak, karena sangat diperlukan di semua lapisan dan semua profesi untuk kemajuan bangsa.

Akhlak juga menekankan rasa kepedulian terhadap sesama. “Ketika ada kesulitan kita saling membantu. Ada kebahagiaan saling bantu,” ujar Erick Thohir saat bersilaturahmi di acara Sareng Wargi di Subang, Jawa Barat, Selasa, 17 Mei 2022.

"Ingat, kekayaan tanpa akhlak akan jadi kerakusan. Kepintaran tanpa akhlak akan jadi dzalim. Karena itu, kita harus membangun masyarakat berakhlak,” kata dia melanjutkan.

Dalam video pendek yang diunggah Etroopers, relawan kemanusiaan yang digagas Erick Thohir, di akun Instagram @etroopersid,  Menteri BUMN kembali mengulas tentang akhlak.

Advertisement

Memiliki akhlak harus ada dalam jati diri semua orang, termasuk para pemimpin. “Pemimpinnya, sami, harus berakhlak juga. Sami-sami semuanya,” kata Erick.

Sejak memimpin Kementerian BUMN, Erick Thohir memang kerap menggaungkan tentang akhlak. Bahkan, dirinya menetapkan AKHLAK menjadi standar nilai perilaku yang menjadi pedoman dalam berbudaya kerja untuk mewujudkan spirit BUMN untuk Indonesia.

AKHLAK yang dimaksudkan itu adalah kepanjangan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Nilai-nilai yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir tersebut telah ditetapkan sebagai pedoman budaya kerja seluruh BUMN di bawah naungan Kementerian BUMN sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020.

Tak hanya di tubuh Kementerian, tata nilai atau core values yang dirumuskan akan diimplementasikan ke seluruh perusahaan pelat merah. 

Masing-masing nilai AKHLAK memiliki penjabarannya sendiri serta dilengkapi panduan perilaku dan kode etik atau kode perilaku yang diterapkan di Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaannya.

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait