Status Pegawai BUMN Tak Halangi Izam Berprestasi di SEA Games Vietnam

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
26 Mei 2022, 10:48
Status Pegawai BUMN Tak Halangi Izam Berprestasi di SEA Games
BRI
Muhammad Chuwaizam (Izam), pegawai BRI yang juga atlet nasional cabang menembak

Bagi Muhammad Chuwaizam (33) menjadi pegawai di salah satu BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Pria yang biasa dipanggil Izam ini ternyata atlet nasional cabang olah raga menembak. Prestasi terbaru Chuwaizam adalah meraih medali perunggu (nomor individu) dan perak (nomor beregu) di SEA Games 2021 Vietnam baru-baru ini.

Di samping kerja keras dan perjuangan, prestasi Chuwaizam tak terlepas dari budaya kerjanya di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, tempatnya bekerja, yang selalu berupaya konsisten mewujudkan work life balance bagi para karyawannya atau biasa disebut Insan BRILian.

Chuwaizam menuturkan, ketika melamar kerja di BRI dirinya sudah menjadi atlet menembak. BRI kala itu menerima calon pekerja dari berbagai latar belakang disiplin pendidikan sehingga dia tertarik menekuni dunia perbankan. Dia bekerja di BRI sejak 2016. Saat melamar kerja di BRI, dia melampirkan rekam jejak prestasinya sebagai atlet.

“Di BRI izin pertandingan apa lagi kalau ada pemusatan latihan, BRI selalu mendukung. Memang kalau saya izin dengan keterangan bela negara, BRI selalu mendukung alhamdulillah seperti itu kebijakannya,” ujarnya menuturkan.

Chuwaizam bercerita telah mengenal olah raga menembak sejak akhir 2009 ketika masih mengenyam pendidikan di Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Nasional Jakarta (UNJ). Saat itu ada proses rekruitmen instruktur menembak dari Perbakin di Senayan, Jakarta bagi sekolah menembak untuk anak-anak.

Dia lolos menjadi instruktur bersama dua kandidat lainnya. Pada 2010, Chuwaizam sudah aktif menekuni bidang olah raga tersebut. Dari Perbakin, Chuwaizam mendapat rekomendasi untuk seleksi tim nasional menembak dalam ajang SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang.

”Dari Perbakin direkomendasikan untuk seleksi. Awalnya dari situ. Saatr seleksi alhamdulillah masuk timnas. Awalnya seperti itu,” kata dia.

Chuwaizam tak menyia-nyiakan rekomendasi dari organisasi menembak dan berburu nasional tersebut. Torehan prestasi internasional dimulainya sejak 2015, di mana secara beregu dirinya meraih medali perak di kejuaraan menembak se-Asia Tenggara.

Impian Chuwaizam untuk berprestasi tak berhenti di situ. Target raihan prestasi berikutnya World Champinship di Perancis pada 1 Agustus mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...