Erick Thohir Berkomitmen Ikut Bangun Industri Halal Indonesia

Image title
Oleh Yanuar
2 Juni 2022, 14:37
Erick Thohir Berkomitmen Ikut Bangun Industri Halal Indonesia
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengatakan, Indonesia sebagai negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia tidak bisa selamanya menjadi penonton industri halal dunia.

“Kita tidak bisa biarkan (Indonesia sebagai) negara muslim terbesar tapi industri halalnya tidak masuk di 10 besar produsen dunia,” kata dia belum lama ini.

Menurut dia, tampaknya memang ada yang keliru. Namun, sebaiknya seluruh elemen bangsa tidak saling menyalahkan dan lebih baik melakukan introspeksi untuk membangun industri halal Indonesia lebih baik lagi..

Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk meningkatkan perekonomian berbasis syariah, termasuk industri halal.

Sebelumnya Wakil Presiden Maruf Amin (KNEKS) yang menyatakan pemerintah akan membangun Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh provinsi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024.

“Kita akan membangun kelembagaannya sampai ke daerah dengan membangun komite daerah ekonomi dan keuangan syariah di seluruh provinsi,” kata Wapres dalam rapat pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Senin (30/5).

KNEKS menyiapkan Masterplan Industri Halal pada 2022 sebagai langkah strategis dalam mempercepat pembangunan industri produk halal di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah perlu mempercepat pembangunan kawasan ekonomi syariah. Ini dipandang penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...