8 Cara Merawat Furnitur Kayu Agar Awet

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
3 Juni 2022, 17:32
8 Cara Merawat Furnitur Kayu Agar Awet
ANTARA FOTO/Maulana Surya/pras.
Ilustrasi furnitur kayu

Sebuah rumah tentu dilengkapi furnitur sebagai pelengkap desain interior sehingga terlihat menawan dan memiliki fungsi tersendiri. Furnitur yang umumnya terbuat dari kayu tentu membutuhkan perawatan agar awet dan tahan lama.

Sekarang ini, furnitur minimalis yang terbuat dari kayu hampir menjadi kebutuhan suatu rumah. Bahkan dalam setiap ruangan terdapat furnitur kayu. Dari meja dan kursi, lemari, tempat tidur dan banyak lagi furnitur kayu di dalam rumah.

Banyaknya furnitur yang terbuat dari kayu di dalam rumah terkadang membuat kita tidak merawat barang-barang tersebut. Akibatnya tak jarang furnitur yang bagus dengan harga mahal terlihat kusam dan bahkan mulai rusak.

Tak dapat dimungkiri furnitur kayu mampu memberikan tampilan setiap ruangan menjadi lebih nyaman dilihat. Warna kayu yang natural memberikan kesan nyaman bagi penghuninya. Warna cokelat kayu membuat rumah terlihat alami dan hidup.

Meski untuk membeli furnitur sudah sangat gampang, sekarang ini Anda bisa membeli furnitur online. Cukup memilih kebutuhan furnitur yang sesuai maka Anda cukup menunggu dirumah, dan furnitur yang diimpikan akan diantar ke rumah.

Bahan kayu memang terlihat lebih hidup didalam ruangan. Unsur kayu yang kuat, awet, dan tahan lama tentu membutuhkan perawatan khusus agar tetap terlihat baik dan tidak mengalami kerusakan pada bagian-bagian tertentu.

Apalagi jika Anda juga menggunakan ubin dari kayu sehingga memerlukan perawatan agar furnitur kayu terlihat tetap kokoh dan bersih. Ditambah jika kayu tersebut memiliki lapisan plitur dan pernis sehingga kayu terlihat mengkilap.

Nah, terkadang masalah yang dihadapi oleh suatu furnitur kayu atau perabotan dari kayu adalah warnanya yang memudar atau tidak mengilap. Untuk itulah perawatan agar warna kayu tetap kinclong harus dilakukan secara berkala.

Agar tetap terlihat mengilap dan tidak kusam maka biasanya dilakukan pengelapan, sehingga kotoran debu bisa hilang. Meski demikian, lapisan plitur atau pernis seiiring waktu akan rusak, sehingga tidak mengkilap lagi.

Lantas bagaimana perawatan furnitur yang benar yang dapat Anda lakukan di rumah? Berikut delapan cara merawar furnitur dari kayu agar tetap awet dan tahan lama:

1.Simpan di tempat yang kering atau pada suhu normal
Meski kayu merupakan bahan yang keras dan awet, tetapi kayu tetap masih tetap berubah atau menyusut dan memuai karena dipengaruhi oleh suhu udara di sekitar. Ketika kayu terkena suhu tinggi maka kayu akan mengalami penyusutan.

Kondisi menyusut dan memuai pada kayu inilah yang membuat keretakan pada lapisan furnitur kayu tersebut. Karena itulah dibutuhkan campur tangan manusia untuk merawat furnitur dari kayu supaya tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika memang furnitur tetap terkena sinar matahari langsung karena diakibatkan letak rumah yang menghadap matahari, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah mencari perangkat yang bisa memantulkan sinar matahari dari furnitur kayu tersebut.

Selain suhu yang panas, kayu juga tidak tahan dengan kondisi udara yang lembab. Artinya kayu bisa rusak karena munculnya jamur atau serangga yang bisa merusak kayu, sehingga berakibar kayu akan keropos dan lapuk.

Dengan menjaga suhu ruangan yang normal maka furnitur kayu akan menjadi lebih awet karena tidak menyusut dan memuai, selain gangguan jamur dan serangga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...